Tingkatkan Pemanfaatan Produk Perkamusan, Balai Bahasa Jateng Gelar Kamus Masuk Sekolah - Soeara Moeria

Breaking

Rabu, 14 Juni 2023

Tingkatkan Pemanfaatan Produk Perkamusan, Balai Bahasa Jateng Gelar Kamus Masuk Sekolah

Balai Bahasa gelar kamus masuk sekolah. 

Karanganyar, soearamoeria.com - Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Generasi Muda dalam Pemanfaatan Produk Perkamusan di aula SMA Negeri 1 Karanganyar pada Selasa-Rabu (13-14/6/2023). 


Kegiatan yang diikuti 40 siswa SMA Negeri 1 Karanganyar tersebut bertujuan membangkitkan literasi generasi muda melalui pengenalan produk perkamusan. 


Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah,  Syarifuddin berharap para siswa dapat memahami penggunaan kata, pemilihan kata, dan nuansa makna sebuah kata. Selain itu, diharapkan para siswa dapat memanfaatkan produk perkamusan bahasa Indonesia dan daerah. 


“Melalui kegiatan semacam ini kami juga berharap siswa dapat lebih mencintai bahasa Indonesia dan bahasa daerah,” ujarnya. 


Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Karanganyar, Suliyastuti, mengatakan bahwa pihaknya merasa sangat bangga karena siswanya menjadi sasaran kegiatan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. 


Dia berharap kegiatan semacam ini bisa diikuti lebih banyak lagi siswa.


“Hanya empat puluh siswa yang dapat mengikuti kegiatan ini di antara 1.200 siswa. Kami berharap para siswa mengikuti kegiatan ini dengan baik dan bisa termotivasi untuk menjadi duta bahasa,” katanya.


Turut hadir pula dua narasumber dalam kegiatan Kamus Masuk Sekolah itu, yakni Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Zaki Adi Saputra dan Sheila Wardhani.


Kedua narasumber tersebut mengajak para siswa menggunakan aplikasi yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, yakni KBBI daring, Tesaurus Bahasa Indonesia, dan Pasti (Padanan Istilah Asing-Indonesia) yang terangkum dalam superaplikasi Halo Bahasa. 


Selain itu, para siswa juga diajak untuk bermain tebak-tebakan kata yang berkaitan dengan kebahasaan dan kesastraan. (as)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar