Peringati Hari Lingkungan Hidup, Lesbumi Kudus Deklamasikan Puisi untuk Alam - Soeara Moeria

Breaking

Minggu, 25 Juni 2023

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Lesbumi Kudus Deklamasikan Puisi untuk Alam

Peringati hari lingkungan hidup sedunia dengan deklamasi sedunia. 

Kudus, soearamoeria.com - Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, Lembaga Seniman dan Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) Kudus kembali menggelar Ligusty Poeziya di Tugu Adipura Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati Kudus pada Minggu sore (25/6/2023). 


Koordinator Ligusty Poeziya, Edi Buseng menyampaikan sederet penyair di Kudus seperti Lia Wahab, Sinta Haryani, dan Sri Subekti Astadi mendeklamasikan puisi yang mereka buat bertema lingkungan hidup.


Tidak hanya penyair, tampak sejumlah pelajar, mahasiswa, dan masyarakat sekitar juga unjuk kebolehan dalam  mendeklamasikan puisi. Salah satunya, Syaiful Anam salah satu penyair muda asal Kaliwungu.


Edi menambahkan kegiatan ini dilaksanakan di tempat terbuka, dan dibuka untuk umum.


"Konsep acaranya out door, kita laksanakan ini di tempat terbuka. Sehingga masyarakat umum dapat menyaksikan. Masyarakat sekitar yang berkunjung di taman Adipura cukup antusias,  mulai dari menonton, hingga ada yang ikut baca puisi," tutur Edi.


Abud SB Runcing, Ketua Lesbumi Kudus menyampaikan tema Ligusty Poeziya kalo ini adalah membaca alam. 


Menurutnya memperingati hari lingkungan hidup sedunia itu sangat penting. Karena momen ini menjadi pengingat generasi muda untuk meningkatkan kecintaanya kepada lingkungan hidup, hutan dan kehidupan liar, serta mengajak mereka secara bersama-sama untuk berkontribusi dalam mengurangi polusi plastik.


"Seperti yang kita ketahui, Kudus merupakan salah satu Kabupaten yang mendapatkan gelar Adipura. Namun saat ini, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus mencatat, jumlah sampah yang dibuang ke TPA mencapai 120 ton per hari. Jumlah ini baru 60 persen dari total sampah yang ada di Kabupaten kudus. Angka ini cukup besar untuk kota Adipura," kata Abud.


Ia menambahkan melalui Ligusty Poeziya ini, Lesbumi akan mengajak masyarakat untuk mengekspresikan kegelisahan dan gagasannya terhadap pelestarian lingkungan.


"Tentunya kami berharap, melalui kegiatan ini kami bisa kembali menumbuhkan perhatian dan kepedulian masyarakat, terutama generasi muda terhadap pelestarian lingkungan. Syukur-syukur setelah kegiatan ini, produksi sampah di Kudus bisa ditekan dan terus berkurang," imbuh Abud.


Kegiatan ini dimulai pada pukul 15.00 - 17.00 WIB. Tak hanya disaksikan secara langsung, kegiatan ini juga bisa disaksikan di kanal sosial media Youtube, Instagram, Facebook dan Tiktok : Lesbumi TV. (as)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar