Kwarcab Jepara Selenggarakan Jambore Penggalang SD/MI Se-Jepara - Soeara Moeria

Breaking

Minggu, 18 Juni 2023

Kwarcab Jepara Selenggarakan Jambore Penggalang SD/MI Se-Jepara

Serahkan bantuan fasilitasi untuk Kwaran. 

Jepara, soearamoeria.com - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jepara menyelenggarakan Jambore Cabang penggalang SD/MI selama 3 (tiga) hari, Jumat - Minggu (16-18/6/2023) di Bumi Perkemahan Pramuka Pakis Adhi Jepara.


Jambore Cabang penggalang SD/MI Gerakan Pramuka itu dibuka oleh Hesti Nugroho Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jepara. 


Hesti Nugroho menyampaikan selamat datang kepada adik-adik Pramuka Penggalang Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang telah datang dari 15 Kwartir Ranting se Kabupaten Jepara kecuali Karimunjawa mengingat Kwaran Karimunjawa merupakan satu satunya kwaran yang terjauh di pulau Karimunjawa. 


"Untuk ke depan kakak ingin mewujudkan kegiatan ini dapat diikuti oleh anggota Pramuka dari Karimunjawa, bila perlu Kwartir Cabang akan memfasilitasi penyeberangan kapal dari Karimunjawa ke Jepara," jelasnya. 


Pesta besar Pramuka Penggalang tersebut merupakan ajang untuk mengeratkan tali persaudaraan, serta wadah meningkatkan pengetahuan keterampilan dan pengalaman bagi Pramuka Penggalang.


Pihaknya mengingatkan bahwa kita dapat mengisi kemerdekaan yang sudah diraih para pahlawan, dan Gerakan Pramuka menjadi wadah untuk membina watak dan karakter bagi remaja dan pemuda.


“Untuk mengisi kemerdekaan yang sudah di raih para pendahulu, melalui Gerakan Pramuka menjadi wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak, dan memiliki jiwa bela negara,” ungkapnya. 


Lebih lanjut ia menegaskan terampil gembira berprestasi  yang menjadi tema Jambore Cabang SD-MI memiliki makna yang sangat dalam. 


Terampil mempunyai makna dapat melakukan pekerjaan dengan cekatan, gesit, lincah dan mampu menemukan teknik dengan sistematis dapat digunakan bekal hidup kelak jika kalian melanjutkan sekoilah yang lebih tinggi. 


"Dengan kegembiraan suasana bahagia maka pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan, jika melaksanakan pekerjaan dapat dilakukan secara sistematis dilakukan dengan suasana gembira dan ikhlas maka kita dapat menyonsong masa depan yang penuh dengan prestasi," terangnya. 


Ia berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan riang, ceria dan semangat.


Sementara itu, Ketua Jambore Cabang Gerakan Pramuka Kwarcab Jepara Mulyadi melaporkan bahwa kegiatan Jambore Penggalang SD/MI ini diikuti oleh 15 Kwartir Ranting di Kwarcab Jepara, total peserta 480 anak terdiri dari 30 regu putra dan 30 regu putri.


Dalam kegiatan Jambore Cabang Penggalang SD/MI ini ada beberapa kegiatan yang dilombakan dan kegiatan non lomba diantaranya Pionering, Morse, Semaphore, Menaksir, Hasta Karya, Handcraft dan yang non lomba di antaranya nonton bareng film tentang kepramukaan, Pengenalan Pramuka Garuda, Pengenalan Kebencanaan, Sosialisasi Stop Bulying. (as)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar