Melihat Kemeriahan Karnaval Mbah Kopek Sentono - Soeara Moeria

Breaking

Senin, 27 Februari 2023

Melihat Kemeriahan Karnaval Mbah Kopek Sentono

Karnaval Mbah Kopek Sentono. 

Jepara, soearamoeria.com - Karnaval Khoul Wali Simbah Kopek Sentono Sowan Kidul ke-604, berjalan dengan meriah.  


Karnaval diikuti dari berbagai lapisan masyarakat seperti santri ponpes, siswa-siswi, alumni Safinatul Huda,  Warga RT -Kepemudaan, drum band, pengantin sunat, tongtek, pasukan pengibar bendera organisasi pencak silat dan lain lain. Berbagai konsep dihadirkan setelah 3 tahun vakum akibat pandemi Corona. 


Karnaval ini dikomandoi oleh KH Masduki Ridwan didukung oleh NU, dan Pemdes. Kiai Masduki pernah mengatakan bahwa Mbah Kopek merupakan salah satu wali tua jika melihat tahun wafat di nisannya. Untuk itu perlu pihaknya untuk memperingati untuk keberkahan masyarakat Sowan Kidul. 


Suhendro salah satu peserta karnaval RT. 2 RW. 1 turut senang dalam memeriahkan karnaval pada tahun 2023 ini. Meski sudah paruh baya Ketua RT ini masih semangat bersama para pemudanya. 


"Kami senang, semoga mendapat keberkahan setelah tidak diperbolehkan akibat pandemi Corona," ungkap Suhendro. 


Dikawal oleh Patwal dari Polsek Khedung beserta keamanan Banser Karnaval mengitari Desa Sowan Kidul. Berbagai tema kreasi karnaval siang itu mulai dari pasukan resepsi pernikahan, kostum bertema budaya, barang bekas daur ulang, wali songo, Soko tatal, barongan, tuyul, armada anak dan masih banyak lagi. 


Sementara itu Solikin salah satu pemuda dalam acara tersebut mengatakan betapa keberkahan yang diberikan oleh Allah lewat orang yang telah meninggal. Pasalnya yang telah meninggal, beliau seakan memberikan rasa senang dan persatuan di antara warga. Tak hanya itu saat karnaval banyak masyarakat sekitar yang meraup keuntungan dengan berdagang.  


"Hal ini menjadi pelajaran bagi kita lewat  yang meninggal saja dapat mempersatukan dan menguntungkan," ungkap Solikin. (ip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar