Rakorcab III Muslimat NU, Tingkatkan Khidmat Masyarakat - Soeara Moeria

Breaking

Minggu, 31 Juli 2022

Rakorcab III Muslimat NU, Tingkatkan Khidmat Masyarakat

Rakorcab III Muslimat NU Jepara. (Foto: Istimewa)

Jepara, soearameria.com – Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Jepara menyelenggarakan Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) III bersama penguru PAC se Kabupaten Jepara yang berlangsung di Aula Gedung PCNU Jepara, Minggu (31/7/2022). 


Hadir dalam kegiatan Ketua PC Muslimat NU Hj. Noor Ainy, Kabag Kesra Agus Bambang Lelono, Ketua MWCNU Jepara KH Ainur Rofiq, perwakilan PAC Muslimat NU, Fatayat NU, dan IPNU IPPNU. 


Hj Noor Ainy, Ketua PC Muslimat NU Cabang Jepara mengatakan Rakorcab dilaksanakan untuk memberikan laporan sekaligus menanggapi laporan yang disampaikan oleh pengurus Cabang dan perangkatnya. “Ini sebagai upaya untuk meningkatkan koordinasi organisasi dan media komunikasi serta memfasiltasi berbagai masalah yang terjadi di berbagai kecamatan (PAC) maupun desa (Ranting) masing-masing yang tersebar se Kabupaten Jepara,” jelasnya. 


Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta yang diwakili Kabag Kesra Agus Bambang Lelono menyampaikan Muslimat saat ini tidak hanya organisasi perempuan bidang keagamaan yang identik pengajian saja, akan tetapi sudah membuktikan selama sekian tahun ikut berkiprah dalam perjuangan bangsa dan negara.


Penting diketahui, Rakorcab merupakan kegiatan setiap triwulan untuk menyampaikan program unggulan yang sudah terlaksana dan yang akan direncanakan. Adapun tema Rakorcab III “Revitalisasi Peran Muslimat NU Melalui Peningkatan Khidmah Masyarakat di Kabupaten Jepara.” 


Dalam Rakorcab masing-masing bidang menyampaikan laporan. Bidang organisasi menyampaikan pentingnya program plangisasi untuk Ranting dan PAC. YPMNU yang diketuai Farida Ahmad menyampaikan pentingnya plangisasi untuk lembaga pendidikan yang bernaung di Muslimat NU untuk mencantumkan logo muslimat (YPMNU) di depan lembaga. 


Selain itu juga mengharapkan di tingkatan PAC Muslimat NU segera membentuk Ikatan Guru PAUD Muslimat (IGPAUD MNU), Ikatan Guru TPQ Muslimat (IGTPQMNU), Ikatan Pengelola PAUD (IPPAUD), dan Ikatan Pengelola TPQ (IPTPQ) sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan anak usia dini di bawah naungan YPMNU. Dalam kesempatan ini juga disampaikan lembaga pendidikan muslimat NU juga ikut berpartisipasi membantu pemerintah untuk mengurangi angka putus sekolah di Jepara.


Dwiana Puspitasasi Erlinawati Dari Yayasan Kesehatan Muslimat NU (YKMNU) menyampaikan pentingnya mendukung percepatan penurunan angka stunting di Jepara sampai level nol dan menggalakkan GERMAS dengan bekerjasama dengan DP3AP2KB dan DKK.


Sedangkan dari Koperasi Annisa disampaikan oleh Mien Akhdiyati menyampaikan program koperasi cabang sudah membentuk UMKM, ke depannya setiap Rakorcab menampilkan produk khas masing-masing sehingga mengetahui potensi produk di masing-masing PACMNU tujuannya bisa difollow up diikutkan di event eksternal.


Nor Hidayah selaku perwakilan dari PAC Pecangaan menyampaikan pihaknya sudah membentuk koperasi yang bisa sebagai penopang sumber dana program yang diselenggarakan di PAC dan Ranting Pecangaan. (fa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar