Wisuda, Siswa SMA Al-Uswah Semarang Pamerkan Karya - Soeara Moeria

Breaking

Jumat, 10 Juni 2022

Wisuda, Siswa SMA Al-Uswah Semarang Pamerkan Karya

Pelepasan siswa kelas XII SMA Al-Uswah Semarang.

Semarang, soearamoeria.com – Bersamaan dengan Wisuda dan Pelepasan siswa kelas XII SMA Al-Uswah Gunungpati Semarang, Sabtu (11/6/2022) para peserta didik memamerkan karya berupa seni rupa, dan beraneka makanan yakni telor asin, pisang bolen, dan pie brownies. Karya tersebut merupakan produk kewirausahaan peserta didik. 


Ashvilia Ilva Labiba, siswi kelas X mengatakan dirinya masih canggung ketika memegang kuas dan kanvas. “Sekarang sudah lumayan terbiasa,” katanya. 


Guru seni budaya dan prakarya, Sunoto menjelaskan untuk melukis dengan gagasan utuh membutuhkan proses. Meski demikian peserta didik lanjutnya telah menjiwai dan mencurahkan perasaannya menjadi energy estetika dalam karyanya. “Tentu selain berlatih hal ini penting untuk diketahui siswa-siswi,” terangnya. 


KH. M. Thoyyib Farchany, ketua yayasan pondok pesantren menyatakan pihaknya telah membekali kepada siswa-siswi al-adab fauqol ilmi. “Akhlak itu nomor satu. Sampai kapan pun akhlaqul karimah sebagai santri harus dijunjung tinggi,” jelasnya.  


Produk kewirausahaan siswa SMA Al-Uswah. (Foto: M. Zulfa)
Di samping itu ia juga memohon untuk mikul dhuwur lan mendhem jero. “Mikul dhuwur berarti mampu menjunjung tinggi cita-cita orang tuanya dengan belajar sebaik mungkin dan mengamalkan ilmu yang telah didapat. Sedangkan, mendhem jero asmane tiyang sepuhe. Anak selalu ingat untuk terus mendoakan orang tuanya, baik ketika masih hidup bahkan sudah meninggal,” tegas Abah Thoyyib yang juga pengasuh pesantren Al-Uswah. 


Selain keterampilan memasak, santri pesantren Al-Uswah juga dibekali beternak ayam, bebek, kambing, sapi dan ikan gurami. Tahun ini Balai Latihan Kerja Komunitas Pondok Pesantren Al-Uswah dengan keahlian las sedang mengikuti pelatihan instruktur di Balai Besar Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (BBPVP) Serang selama 47 hari. “Semoga tahun ini setelah pelatihan instruktur sudah bisa mengadakan pelatihan di BLKK Al-Uswah,” harapnya.  


SMA Al-Uswah merupakan unit pendidikan yayasan pondok pesantren Al-Uswah Gunungpati Semarang. Sebagian besar alumni SMA Al-Uswah juga mondok di pondok pesantren. Tahun ini SMA Al-Uswah sebanyak 20 siswa. (mz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar