Gandeng GRI, Ansor Kudus Dibekali Pentingnya Riset - Soeara Moeria

Breaking

Minggu, 26 Juni 2022

Gandeng GRI, Ansor Kudus Dibekali Pentingnya Riset

Ansor Kudus dibekali pelatihan riset. (Foto: Khozin)

Kudus, soearamoeria.com – Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Kudus menggandeng Griya Riset Indonesia (GRI) dengan menggelar Pelatihan Riset Sehari yang berlangsung di Alammu Hall Colo Dawe Kudus, Minggu (26/6/2022). Pelatihan yang dihadiri perwakilan PAC GP Ansor se-Kudus itu menghadirkan Direktur GRI, Amriza Rois. 


Direktur GRI, Amriza Rois dalam kesempatan tersebut menjelaskan dasar-dasar riset mulai dari pengertian, metode, laporan, hingga pentingnya kegiatan riset bagi sebuah organisasi. 


“Tujuan riset yang substansial di antaranya adalah untuk explain (menjelaskan), predict (memprediksi), dan control (mengontrol). Ketiga tujuan dan fungsi tersebut nantinya akan membantu peneliti dalam memecahkan problem yang ada,” jelasnya.  


Kepada peserta, ia juga memotivasi bahwa pelatihan tersebut sebagai langkah awal memulai kegiatan riset di lingkungan PC GP Ansor Kudus.


Ansor Kudus gelar pelatihan riset sehari. (Foto: Khozin)
"Sahabat Ansor harus melakukan kegiatan-kegiatan riset untuk memecahkan masalah di masyarakat. Kemudahan-kemudahan akses dan massa, sebagai privilige GP Ansor sangat potensial jika dimanfaatkan untuk melakukan penelitian," terang Amri.


Di akhir sesi, ia sampaikan bahwa kemampuan menulis dan riset bukanlah bakat bawaan dari lahir. “Itu bisa dilatih, diasah, dan bisa dipelajari oleh semua orang,” tandasnya. 


Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Kudus, Dasa Susila menyatakan kegiatan diadakan sebagai inovasi dan pembekalan untuk kader. “Dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk membekali kader GP Ansor Kabupaten Kudus dengan materi riset dan penelitian,” jelasnya. 


Pihaknya berharap setelah kegiatan ada rencana tindak lanjut dan output yang bermanfaat. Adapun materi yang diterima peserta dasar-dasar riset, penelitian sosial dan laporan hasil penelitian. (kh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar