Dukung Bawaslu Jepara Pemuda Muhammadiyah Jalin Kerja Sama - Soeara Moeria

Breaking

Kamis, 16 Juni 2022

Dukung Bawaslu Jepara Pemuda Muhammadiyah Jalin Kerja Sama

Pemuda Muhammadiyah dan Bawaslu jalin kerja sama.

Jepara, soearamoeria.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jepara jalin kerjasama tentang Sosialisasi dan Peran Pengawasan Partisipatif Pemilihan Umum dengan Pimpinan Daerah (PD) Pemuda Muhammadiyah Jepara. Hal ini terlihat saat audiensi Pemuda Muhammadiyah dengan Bawaslu Jepara sekaligus penandatanganan perjanjian kerja sama di Gedung B Sekretariat Bawaslu Jepara, Kamis (16/6/2022).


Penandatangan ini dihadiri Ketua dan angggota Bawaslu Jepara di dampingi sekretariat. Kegiatan juga dihadiri Ketua PD Muhammadiyah, Sekretaris Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah beserta anggota.  


Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko mengatakan kerja sama ini fokus pada peran partisipasi Pemuda Muhammadiyah Jepara untuk turut serta dalam  pengawasan Pemilu dan fasilitasi pendidikan pengawasan kepemiluan. Kemudian bersama-sama menciptakan kondisivitas dan kelancaran dalam tahapan pemilu.


“Kerja sama fokus pada partisipasi pengawasan dan pendidikan pengawasan kepemiluan,” katanya. 


Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga itu menambahkan suksesnya Bawaslu dalam mengawal Pemilu, bukan terlihat seberapa banyak pelanggaran yang ditangani. Namun lebih pada pencegahan dan pengawasan, dengan tujuan meminimalisir pelanggaran semakin minim pelanggaran. Menurutnya Bawaslu siap mensosialisakan produk hukum Pemilu kepada kader-kader Pemuda Muhammadiyah. Bawaslu Jepara juga mempersilakan untuk berkonsultasi hukum dan mengundang Bawaslu untuk melakukan sosialisasi. 


Sejalan dengan Sujiantoko, anggota Bawaslu Jepara Arifin mengatakan dukungan masyarakat muda sangat penting dalam tahapan pemilu yang begitu kompleks dinamikanya. Bawaslu Jepara tidak dapat bekerja sendirian melainkan membutuhkan support dari masyarakat, ormas dan stakeholder terkait. Semakin banyak dukungan maka akan semakin optimis Bawaslu mengawasi pemilu. 


“Bawaslu Jepara butuh banyak bantuan pengawasan,” kata Arifin


Sementara itu Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Jepara Roy Alviantoro mengemukakan organisasinya memiliki tanggung jawab juga dalam rangka pembangunan negara. Keterlibatan ormas memang keniscayaan sebagai filter dan penggerak kesuksesan pemilu.  Menurutnya lahirnya seorang pemimpin yang baik dari sistem pemilu yang baik, sehingga Pemuda Muhammadiyah perlu hadir untuk mendukung Bawaslu Jepara. PD Muhammadiyah memiliki banyak kader mulai tingkat kabupaten sampai ke desa. 


“Kami mengawali silaturahim ini semoga menjadi kerja sama yang baik kedepannya dan kami siap mendukung Bawaslu,” jelas Roy. 


Ia melanjutkan pihaknya siap membantu Bawaslu Jepara terkait dengan pendidikan pemilu baik tingkat kabupaten sampai desa. Diakuinya audiensi dengan Bawaslu Jepara, ini merupakan langkah awal sebagai embrio kedepan. (ip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar