Teliti Alzheimer Demensia, Tim Riset MTs NU Banat Kudus Raih Medali Emas - Soeara Moeria

Breaking

Senin, 23 Mei 2022

Teliti Alzheimer Demensia, Tim Riset MTs NU Banat Kudus Raih Medali Emas

Tim riset MTs NU Banat Kudus raih medali emas.

Kudus, soearamoeria.com - Tim riset MTs NU Banat Kudus kembali menorehkan prestasi di ajang lomba Indonesia International IoT Olympiad 2022 yang digelar secara luring (offline) dan daring (online) di Universitas Muria Kudus (UMK), Jawa Tengah, pada (21-23/5/2022). Tim Aldi (Alzheimer Demensia) MTs NU Banat memboyong medali emas setelah meyakinkan tim juri tentang riset dan pembuatan aplikasi untuk deteksi dini alzheimer demensia.


Tim riset Aldi dari MTs NU Banat itu beranggota Aisha Kamila Gussaldy, Najwa Rusyda Kamila, dan Keisya Kanya Juniara. Mereka meneliti penyakit alzheimer, yakni penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat dan kemampuan berpikir, serta membuat aplikasinya.


“Tujuan riset kami dan aplikasi yang kami buat adalah memberikan informasi tentang penyakit alzheimer demensia, cara pencegahan, dan konsultasi dengan dokter,” kata salah satu anggota tim riset, Aisha Kamila Gussaldy, di Auditorium Universitas Muria Kudus usai pengumuman lomba pada Senin (23/5/2022).


Aisha menjelaskan, aplikasi yang dibuat timnya diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memahami dan mencegah penyakit alzheimer dan demensia sekaligus sebagai tempat informasi dan konsultasi dengan para dokter. Dalam aplikasi tersebut, ada kuis seputar informasi penyakit demensia dan cara pencegahannya.


“Kemudian pengguna akan bisa terhubung dengan para dokter yang sudah kami tentukan. Mereka bisa berkonsultasi dengan dokter itu jika menghendaki,” ujar siswa kelas 7 MTs NU Banat Kudus itu.


Sementara itu, Kepala MTs NU Banat Kudus, Nor Khusomah menyatakan bahwa madrasahnya mengirimkan dua tim untuk berlaga pada ajang internasional yang digelar selama tiga hari itu di Universitas Muria Kudus. Kedua tim itu adalah tim Aldi (Alzheimer Demensia) dan tim Bewe (Becak Wisata). 


“Alhamdulillahi, kami bersyukur kepada Allah subhanahu wata’ala serta berterima kasih kepada siswi-siswi dan para pembimbing. Kedua tim yang kami kirim mampu membawa nama baik madrasah di ajang internasional dengan meraih medali emas,” lanjut Khusomah.


Pihaknya menambahkan tim riset MTs NU Banat telah berhasil mempresentasikan hasil risetnya di hadapan para juri secara tatap muka. Keberhasilan kedua tim riset itu tidak terlepas dari kerja keras siswi-siswinya dan guru pembimbing. (ip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar