Gapoktan Margo Utomo Tulakan Jepara Bongkar Jembatan Akses Penambang Ilegal - Soeara Moeria

Breaking

Jumat, 07 Januari 2022

Gapoktan Margo Utomo Tulakan Jepara Bongkar Jembatan Akses Penambang Ilegal

Gapoktan Margo Utomo bongkar jembatan akses penambang.

Jepara, soearamoeria.com - Sebanyak 60 petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Margo Utomo Desa Tulakan Kecamatan Donorojo Jepara membongkar jembatan dari batang kelapa yang menjadi akses bagi penambang illegal batuan galian C di Kali Gelis, Jum'at (7/1/2022).


Aksi ini merupakan upaya para petani untuk menegakkan aturan dan kesepakatan yang pernah dikeluarkan oleh Forkompinda pada tahun 2020 lalu.


"Setelah 2 tahun penambangan batuan illegal tidak beroperasi karena ditutup oleh Pemkab, tiba-tiba 10 hari lalu ada kegiatan penambangan batuan di Kali Gelis yang menggunakan alat berat," kata Ketua Gapoktan Margo Utomo H. Masruhan.


Ia menambahkan,  keberadaan penambangan batuan illegal ini sangat mengkhawatirkan keberlanjutan lingkungan hidup, irigasi  pertanian dan sumberdaya air.


Jembatan dari batang kelapa akses bagi penambang ilegal.

"Lebih dari 200 hektar  sawah mendapatkan pengairan dari irigasi teknis yang dikhawatirkan akan terdampak oleh kegiatan penambangan batuan ilegal," kata Masruhan.


Sementara itu koordinator lapangan (korlap) aksi  pembongkaran jembatan, Rahmanto, mengatakan  Gapoktan Margo Utomo sebenarnya sudah melaporkan keberadaan penambang batuan illegal kepada Kepala Desa Tulakan maupun Badan Permusyaratan Desa (BPD) Tulakan.


"Tetapi respon Petinggi belum optimal, maka kami membongkar jembatan dengan aksi yang kami beritahukan kepada Polsek Donorojo," jelasnya.


"Kami berharap pihak berwenang bersikap tegas terhadap penambang illegal galian C di Kali Gelis. Semoga dengan aksi ini, penambangan illegal bisa ditertibkan dan ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku," tandasnya. (za)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar