Kuliah Griya Peradaban Ulas Kreativitas, Inovasi, dan Personal Branding di Media Sosial - Soeara Moeria

Breaking

Saturday, 6 March 2021

Kuliah Griya Peradaban Ulas Kreativitas, Inovasi, dan Personal Branding di Media Sosial

 

Founder Dunia Santri Community, Abdullah Hamid. (Khozin) 
Semarang, soearamoeria.com - Abdullah Hamid (Founder Dunia Santri Community) dan Muhammad Syafi'i (CEO Golevat Internasional) menjadi nara sumber dalam perkuliahan sesi ke VIII perkumpulan Griya Peradaban pada Sabtu (6/3/2021).


Kegiatan yang rutin digelar via Zoom meeting ini mengulas tentang Kreativitas dan Inovasi di Media Sosial serta Cara Mengembangkan Personal Branding di Media Sosial.


Abdullah Hamid dalam penjelasannya mengatakan bahwa kreatif berarti menciptakan sesuatu yang berbeda dan inovatif artinya menciptakan sesuatu yang baru. Dalam hal bermedsos, ia menegaskan: "jika tak bisa menjadi terbaik, jadilah yang berbeda."


Masih dalam penjelasan Hamid, jika ingin bisa kreatif dan inovatif dalam dunia medsos, seseorang perlu memahami karakter medsos. Ia menyebutkan karakter medsos memiliki beberapa prinsip, yaitu seperti unik, update, serta to the point dalam menyampaikan informasi.


Setelah mengerti karakter medsos, Hamid mengungkap perlu juga melakukan pemetaan platform media sosial. Misalnya terlebih dahulu mencari tahu konten apa yang ingin dibuat, siapa sasaran atau segmentasinya, dan tujuan apa yang ingin dicapai.


Menyambung materi sebelumnya, Muhammad Syafi'i bicara soal Personal Branding On Social Media.


Menurutnya, Personal Branding di sosmed itu penting karena memiliki banyak fungsi, di antaranya adalah menciptakan kesadaran, membangun kepercayaan, menciptakan reputasi, serta membangun persepsi.


Lebih lanjut ia menguraikan bagaimana cara membangun Personal Branding di medsos. 


Pertama, Share Valuable Content. Yaitu seseorang dalam bermedsos alangkah baiknya memberikan konten-konten yang memiliki nilai (value).


Kedua, Interractive and Active. Artinya, dalam membangun Personal Branding seseorang harus aktif berinteraksi dengan siapapun. Bahkan jika perlu bisa melalui otomasi. 


Ketiga, Personal Branding yang baik adalah jika personalnya memiliki mental terus belajar pantang berhenti.


Kuliah Alternatif angkatan I ini akan mengadakan sesi terakhirnya sesuai penjadwalan di awal, yaitu pada Sabtu, 13 Maret 2021. (kh)

No comments:

Post a comment