Jaga Kebugaran Tubuh, Mahasiswa KKN dan Warga Kecapi Jepara Adakan Senam Aerobik - Soeara Moeria

Breaking

Thursday, 4 February 2021

Jaga Kebugaran Tubuh, Mahasiswa KKN dan Warga Kecapi Jepara Adakan Senam Aerobik

 

Senam aerobik mahasiswa KKN dan warga. (Khalimatu S.)
Jepara, soearamoeria.com - Munculnya pandemi Covid-19 yang telah melanda di seluruh dunia kurang lebih 1 tahun terakhir menjadikan masyarakat banyak melakukan aktivitas di rumah. Menjaga kebugaran tubuh sangat penting apalagi di masa pandemik. Demi menjaga kebugaran tubuh di tengah pandemik Covid-19 dan meningkatkan sistem imun mahasiswa KKN kelompok 4 serta warga di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara mengadakan senam sehat aerobik yang diadakan di halaman Rumah Belajar Ilalang, Jum’at (5/2/2021).


Senam pagi yang dipandu instruktur senam, Susanti mendapatkan respon positif dari masyarakat karena terlihat dari antusias masyarakat ketika melakukan senam sehat. 


Instruktur senam, Susanti  senam aerobik termasuk golongan olahraga yang disarankan saat pandemi karena termasuk kategori olahraga ringan-sedang walaupun ritmenya cenderung cepat, namun senam aerobik bermanfaat untuk melatih otot-otot, menyehatkan jantung, melancarkan peredaran darah, menjaga sistem imun sehingga tubuh lebih sehat dan bugar.


Walaupun dalam masa pandemi Covid-19 masyarakat tetap antusias mengikuti senam dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan sebelum memulai senam, dan menjaga jarak. 


Kegiatan senam menjadi kegiatan rutinan setiap Minggu. Namun karena pandemi Covid-19 senam sementara dihentikan, dan mulai dibuka kembali pertengahan Januari 2021. 


Kader PKK Desa Kecapi, Maryanti mengemukakan selain mengonsumsi makanan yang bergizi, olahraga juga sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Olahraga yang dianjurkan lanjutnya antara lain senam. “Senam  mempunyai beragam manfaat baik secara fisik maupun non fisik atau mental dan sosial,” tuturnya.


Ditambahkan, tujuan diadakan senam sehat untuk menjaga sistem imun, melatih otot-otot, mengurangi stres di tengah pandemik, meningkatkan kerja jantung sehingga peredaran darah menjadi lancer dan menurunkan kadar kolestrol jahat (LDH) yang ada di dalam tubuh. 


“Dan harapannya untuk kegiatan senam seharusnya rutin dilakukan minimal satu minggu sekali, dan masyarakat menyadari pentingnya menjaga kesehatan tubuh apalagi  di masa pandemi,” pungkasnya. (ks)

No comments:

Post a comment