KMDJ Dampingi Pembuatan SIM D Perempuan Penyandang Difabel - Soeara Moeria

Breaking

Monday, 21 December 2020

KMDJ Dampingi Pembuatan SIM D Perempuan Penyandang Difabel

 

Perempuan penyandang difabel praktik mengendarai motor. 
Jepara, soearamoeria.com - Dalam rangka memperingati Hari Ibu 22 Desember 2020, Komunitas Motor Difabel Jepara (KMDJ) membantu pengurusan persyaratan dan mendampingi pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) D bagi tiga orang perempuan penyandang difabel: Netty Lambang Dwi Susanti (44), Dwi Cahyaningsih (44) dan Nur Mazidah (41).


“Kami merasa bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada teman-teman KMDJ yang telah membantu dan mendampingi kami selama mengurus pembuatan SIM D di Polres,” kata Netty Lambang Dwi Susanti, perempuan penyandang difabel asal Kaliaman Kembang Jepara.


Lebih lanjut Netty mengatakan bahwa keterbatasan yang dimiliki bukan hambatan untuk beraktivitas. Dengan mengendarai motor roda tiga yang didesain khusus untuk aksebilitas penyandang difabel, dia berharap bisa membantu ekonomi keluarga dan memotivasi sesama penyandang difabel untuk tetap berkarya.


“Dengan memiliki SIM D, kami merasa lebih nyaman dalam mengendarai motor difabel. Setidaknya jika bepergian untuk membeli bahan keperluan usaha warung dawet ayu dari rumah ke pasar atau mengantar anak ke sekolah, kami tidak perlu was-was lagi,” ujar Netty.


“Kami sangat berterima kasih kepada bapak polisi, khususnya Satlantas polres Jepara yang telah memberi pelayanan kepada kami dengan baik dan profesional, mulai dari pemeriksaan kesehatan, tes psikologi, ujian tertulis dan ujian praktek mengendarai motor difabel kami sendiri,” sambung Netty.


Sementara itu, Nur Mazidah merasa beruntung bisa ikut membuat SIM D yang dilaksanakan oleh KMDJ. “Kami berharap kegiatan positif semacam ini bisa menjadi program kerja KMDJ. Dengan memiliki SIM D, keberadaan kami sebagai penyandang difabel diakui oleh masyarakat dan pemerintah. Semoga ke depan, KMDJ lebih maju. Tidak hanya membantu pembuatan SIM D, namun juga bekerja sama dengan Polres untuk pembinaan tata cara mengendarai motor yang baik, tertib, aman, nyaman dan tidak melanggar hukum.”


Ditemui terpisah, Ketua KMDJ M. Syamsudin menyampaikan terima kasih kepada Polres Jepara, khususnya Satlantas Polres Jepara atas pelayanan kepada anggota KMDJ. “Kami berharap agar kerja sama dengan Polres ini tetap berlanjut. Kami akan berkoordinasi dengan pembina kami Bapak Zakariya Anshori dan semua pengurus KMDJ untuk menyusun program kerja 5 tahunan dan kegiatan-kegiatan di tahun 2021 yang akan datang,” kata Syamsuddin. (az)

No comments:

Post a comment