Pentingnya Aspek-aspek Kebijakan Publik - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 02 November 2019

Pentingnya Aspek-aspek Kebijakan Publik

Kebijakan Publik

Judul : Kebijakan Publik Evaluasi, Reformasi dan Formulasi
Pengarang : Hayat, S.A.P, M.Si.
Penerbit : Intrans Publishing
Cetakan : Juli, 2018
Tebal : XXIV + 134 hlm
Peresensi : Lailatul Maghfiroh, mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi jurusan Administrasi Publik Universitas Islam Malang

Buku Kebijakan Publik: Evaluasi, Reformasi dan Formulasi ini merupakan buku yang di terbitkan pada juli 2018. Buku ini memberikan gambaran secara global tentang teori dan konsep yang dibangun dalam rangka menciptakan good governance dan memperbaiki kualitas kebijakan publik.

Buku ini juga merupakan preferensi yang baik untuk dijadikan pedoman sebagai rujukan pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan publik. Menjadi rekomendasi untuk dipelajari dalam kehidupan untuk evaluasi, reformasi dan formulasi.

Dalam poin Kebijakan Publik ini, menjelaskan tentang pengertian kebijakan publik dalam menyelenggarakan pemerintahan. Selain itu proses kebijakan publik juga mengkaji tentang perkembangan administrasi serta bentuk-bentuk kebijakan publik. Kebijakan publik mengandung lebih dari satu tujuan dan juga mengandung multifungsi untuk menjadikan kebijakan itu adil dan seimbang dalam mendorong kemajuan.

Dalam bab ini penulis bertujuan memaparkan tentang evaluasi kebijakan yaitu penilaian terhadap suatu persoalan. Evaluasi akan menghasilkan tuntutan yang bersifat evaluatif, yang bertujuan untuk mengatur kehidupan bersama untuk mencapai tujuan bersama(visi misi) yang telah disepakati. Konsep evaluasi kebijakan sendiri adalah bentuk pengukuran terhadap kinerja atau program yang sudah dilakukan.
Penilaian Kinerja menurut (Wirawan, 2009; Ayun, 2011) proses merencanakan, mengorganisasi, menyupervisi, mengontrol, dan menilai kinerja. Untuk mengatur kinerja organisasi publik yaitu Responsiveness, Responbility, dan Accountability.

Dalam bab Reformasi Birokrasi ini menjelaskan perubahan atau perbaikan sistem tatanan pemerintah yang berorientasi pada perubahan mendasar untuk menjadi lebih baik. Konsep dan strategi birokrasi adanya peraturan merupakan pedoman untuk melakukan reformasi birokrasi sebagai upaya untuk mempercepat tata kelola pemerintahan yang baik di seluruh lembaga dan pemerintah daerah.

Pelayanan  publik dan good governance juga membahas bagaimana menciptakan good governance yang mampu memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat. Selain itu berbagai macam kebijakan juga masih berlaku dalam menciptakan good governance.

Dalam bab terakhir membahas tentang formulasi Kebijakan Publik juga mempelajari tentang bagaimana konsep formulasi kebijakan dan juga prinsip-prinsip dan berbagai model formulasi kebijakan.

Dalam buku Kebijakan Publik ini penulis memberikan berbagai argumen dan penjelasan dari beberapa para ahli tentang pengertian, konsep dan tujuan serta yang lain sebagaimana terkait dengan kebijakan publik. Buku ini dianggap mampu memberikan sebuah landasan dan mampu menjadi pedoman bagi pemerintah untuk meningkatkan kualitas kebijakan publik kedepannya.

Buku ini memiliki kelebihan diantaranya bahasanya mudah dipahami, dan juga menyajikan beberapa pendapat dari para ahli. Hanya saja banyak pengulangan kata, atau bahkan definisi dari para ahli beberapa yang hampir serupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar