Pancasila sebagai Aspek Kehidupan Berbangsa dan Bernegara - Soeara Moeria

Breaking

Friday, 1 November 2019

Pancasila sebagai Aspek Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Pendidikan Pancasila.

Judul buku : Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi
Pengarang : M. Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H., M.Hum., Dr. H. Mariyadi, S.H., M.H., Prof. Dr. H. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. H. Suratman, S.H., M.Hum., Drs. H. Mohammad Bakar Misbakul Munir, M.H., Umar Said Sugharto, S.H., M.H., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.H., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhudha Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.
Penyunting : Hayat, H. Suratman
Penerbit : BASKARA MEDIA - ADITYA MEDIA GRUP
Tahun terbit  : Cetakan Pertama, Juli 2018
Ukuran : 15x23 cm
Jumlah : xii + 382 halaman
Harga buku : Rp. 42.500,00
Peresensi : Halim Masykur, mahasiswa Universitas Islam Malang

Buku ini menjelaskan mengenai Pancasila secara mendasar. Dimulai dari sejarah munculnya Pancasila hingga pemanfaatan fungsi Pancasila di seluruh aspek kehidupan. Pancasila sendiri merupakan sebuah ideologi kokoh di Indonesia dimana apapun aktivitas kehidupan masyarakat berpedoman kepada Pancasila, terutama saat berhubungan dengan antar manusia yang yang berbeda-beda suku, ras, dan agama. Maka dari itu, Pancasila mampu menjadi alat pemersatu bangsa Indonesia dan sumber nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tak hanya itu saja, Pancasila juga bisa menjadi dasar moral atau norma dan tolak ukur tentang baik dan buruk, benar dan salah sikap, perbuatan dan tingkah laku bangsa Indonesia.

Indonesia memiliki keberagaman agama. Telah diakui keberadaan 6 agama resmi yaitu Islam, Kristen Katholik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, dan Khonghucu. Agama-agama tersebut masing-masing memiliki latar belakang dan dinamika sejarah sendiri-sendiri. Agama ini sendiri diyakini tidak hanya berbicara soal ritual melainkan juga berbicara tentang nilai yang harus dikonkretkan dalam kehidupan sosial, melihat masyarakat Indonesia yang bermacam-macam agama. Kemunculan agama-agama ini awalnya di latarbelakangi dengan negara-negara yang datang menjajah Indonesia, dimana awalnya mereka hanya berniat melakukan perdagangan. Kemudian sedikit demi sedikit merambah ke perluasan wilayah kekuasaan dan penyebaran agama yang mereka anut. Untuk itu, sangatlah perlu keberadaan pancasila sebagai integrasi bangsa yang berbeda-beda agama.

Ide yang ada pada buku ini merupakan suatu pengalaman dan penelitian dari penulis. Karena semakin rendahnya kesadaran generasi bangsa akan pentingnya  pancasila sebagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, maka pendidikan pancasila harus disampaikan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini mampu memberikan pelajaran positif bagi masyarakat dan memberikan langkah konkrit kepada dosen pengampu mata kuliah pancasila.

Buku ini sangat cocok dibaca oleh semua kalangan, terutama untuk pemuda pemudi di Indonesia saat ini. Setelah membaca buku ini pemuda pemudi akan tergerak untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung pada buku ini dan mempraktekkan pada kehidupan sehari-hari.

Kekurangan dalam buku ini yaitu kurang memberikan kepemahaman untuk pembaca yang masih pemula dan menyebabkan pesan tidak tersampaikan dengan baik

Selain memiliki kekurangan, adapun kelebihan buku ini yaitu memberikan informasi atau pelajaran yang sangat detail dan terperinci mengenai setiap bab yang termuat dalam buku.

Dan memberikan motivasi untuk semua orang untuk mempelajari dan mengamalkan pancasila pada kehidupan sehari-hari. Serta buku ini di lengkapi dengan dalil-dalil Al-Qur'an yang menyangkut tentang pancasila dapat membuat kita berpikir lebih luas lagi

No comments:

Post a comment