Negara Beretika Pancasila - Soeara Moeria

Breaking

Thursday, 7 November 2019

Negara Beretika Pancasila

Elly Ira Rayani
Oleh : Elly Ira Rayani, mahasiswi Universitas Islam Malang

Etika Pancasila adalah suatu prilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara. Yang mana dalam kehidupan bernegara kita harus mengacu atau mencerminkan nilai yang terkandung didalam Pancasila.


Pancasila itu sendiri adalah salah satu dasar ideologi negara Indonesia. Dimana segala aspek kehidupan harus sesuai dengan nilai Pancasila tersebut, karena Pancasila adalah hasil dari penemuan yang diciptakan oleh The Founding Fathers kita yaitu Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dkk. Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus bangsa seharusnya mudah dalam berprilaku sesuai dengan nilai yang terkadung didalam Pancasila tersebut.

Dengan tujuan diciptakannya Pancasila untuk mengatur dan menyatukan segala kehidupan bangsa, supaya tidak terjadi perpecahan antar sesama, individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Sebagai bangsa yang besar, bangsa yang memiliki banyak pulau, dan bangsa yang memiliki keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan akan berat jika tidak memiliki suatu ideologi yang sifatnya menyatukan kehidupan bangsa, maka dari itu The Founding Fathers kita telah merumuskan Pancasila untuk menyatukan semua perbedaan tersebut.

Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam sila-sila Pancasila diantaranya adalah “Ketuhanan yang Maha Esa”, “Kemanusian yang Adil dan Beradab”, Persatuan Indonesia”, “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawarata atau Perwakilan”, dan “Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia”. Akan tetapi nilai-niali yang terkandung didalam Pancasila tersebut, memiliki banyak makna didalamnya, yang mana pada intinya didalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita harus memiliki suatu kepercayaan atau agama, harus berprilaku adil terhadap sesama, menjunjung tinggi rasa cinta tanah air, ikut andil bermusyawarah dalam merumuskan suatu keputusan atau kebijakan, dan juga menjujung tinggi niali toleransi terhadap sesama.

Akan tetapi masih banyak tindakan kurang baik yang ditunjukan oleh Setiap warga negara bahkan para pimpinan negara yaitu salah satunya, adalah tindakan menghina orang lain, mencelakai orang lain, bahkan mencuri hak yang bukan miliknya. Hal ini adalah salah satu tindakan yang kurang mencerminkan nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila. Tapi juga masih banyak warga negara yang berprilaku mencerminkan niali-nila Pancasila, dengan  ditunujukkannya prilaku yang peduli sesama, memiliki jiwa nasionalisme dalam membangun dan menjaga keutuhan Indonesia dengan caranya masing-masing. artinya tidak semua orang itu buruk dalam berprilaku bernegara akan tetapi kurangnya pembelajaran dan pemahaman tentang nilai ideologi Pancasila tersebut.

Menurut hemat saya Pancasila adalah salah satu kunci kehidupan yang baik, rukun, damai, tentram dan juga menyatukan kehidupan bangsa. Serta Pancasila adalah suatu norma dalam kehidpan bangsa, karena semua aturan atau sumber hukum yang dibuat oleh negara semuanya tidak terlepas dari nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila. Artinya Pancasila memiliki banyak manfaat yang cukup besar dalam mangtur pola prilaku masyarakat.

Oleh sebab itu saya berharap kedepan pembelajran tentang Pendidikan Pancasila harus digalakan sejak dini, untuk mencegah prilaku yang kurang baik nantinya, dengan cara memberikan secara teoritik atau menunjukan kepada mereka secara praktik dalam berprilaku yang mencerminkan atau yang menjujung tinggi nilai Pancasila. karena semakin dini memberikan pembelajaran tersebut maka mereka juga akan terbiasa dalam mempraktekkan berprilaku yang mencerminkan Pancasila, dan juga bagi orang yang melakukan tindakan asusila dan menghabiskan waktunya didalam penjara atau Lembaga pemasyarakatan, setiap minggunya harus diberikan suatu Pendidikan Pancasila, sekligus mempraktekan prilaku tersebut dalam kehidpan sehari-hari didalam lingkungan penjara atau Lembaga pemasyarakatan, supaya menjadi suatu kebiasan yang baik nantinya jika sudah kembali dalam kehidpan yang normal.

Dengan banyaknya prilaku yang baik dalam kehidupan bangsa, dan berkurangnya prilaku yang sifatnya melakukan tindakan asusila justru akan mempermudah negara dalam mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan oleh negara, diantaranya adalah ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena untuk menjadi bangsa yang besar dan kuat dimata dunia kita harus Bersatu tidak ada perbedaan antar sesama manusia, dan juga Ir. Soekarno pernah berkata bahwa “Kuat karena kita Bersatu, Bersatu karena kita kuat”. Yang artinya untuk menjadi bangsa yang kuat kita itu harus Bersatu dalam menjujung tinggi nilai Pancasila juga memperkuat jiwa nasionalisme dalam membangaun, menjaga dan mempertahankan keutuhan bangsa.

No comments:

Post a comment