Pagelaran Seni dan Pameran Media Pembelajaran Mahasiswa PGSD - Soeara Moeria

Breaking

Kamis, 13 Juli 2017

Pagelaran Seni dan Pameran Media Pembelajaran Mahasiswa PGSD

Kudus, SoearaMoeria.Com
Enam penari cantik muncul dari samping panggung. Mereka mengenakan baju hijau dengan variasi atasan kuning keemasan. Di dua Pinggang penari ada variasi kain merah yang menjuntai. Bawahannya memakai jarik bermotif batik hijau kuning yang indah.

Saat salah satu penari, Mila Arina, mulai menari Tari Lenggok Nusantara di depan panggung dengan lincah dan gesit, dua lampu spotlight pelangi  dari belakang menerangi panggung.

Selain itu Lighting variasi kerlap-kerlip  berwarna putih, kuning, merah dan biru yang menghiasi langit-langit auditorium Universitas Muria Kudus (UMK) terlihat sangat Indah dan mempersona. 

Ditambah suara alunan musik yang merdu  dan rancak membuat tarian Lenggok Nusantara yang dilakukan dengan rancak itu terlihat sangat memukau di depan sekitar 300 penoton yang hadir, Selasa (11/07/2017).

Acara tersebut merupakan bagian dari Pagelaran Seni dan Pameran Media Pembelajaran PGSD FKIP UMK yang diikuti oleh semua mahasiswa PGSD semester 4 dengan tema ‘Express Your Culture and Creation’.

Acaranya di antaranya ada penampilan 18 grup tari yang berbeda dari hampir seluruh nuantara seperti penampilan tari Geyol Denok Semarang, Tari galaksi surya majapahit, Tari Pendet Bali, dan sebagainya.

Selain tari ada fashion show batik seni rupa dan ada 10 penampilan grup band mewakili seni musik. Ada juga pameran media pembelajaran dan juga donor darah kerja sama dengan KSR Kampus UMK.

“Kita latihan bareng sama teman-teman sebelum pentas sebanyak 5 kali. Seterusnya latihan sendiri-sendiri untuk menghafal gerakan. Tari Lenggok Nusantara yang kami mainkan memadukan tarian rampak dan modern.” Kata Mila Arina Mahasiswi PGSD Kelas C semester 4 saat ditemui usai pentas. 

“Kegiatan pagelaran seni dan pameran media pembelajaran ini merupakan Produk mata kuliah Pendidikan Seni dan Sumber Media semester empat. Mahasiswa boleh memilih bidang Seni yaitu bisa seni rupa, seni tari musik. Kegiatan ini sudah diadakan kali keempat. Tujuan pementasan dan gelar karya ini secara khusus membekali mahasiswa terampil keterampilan seni dan membuat media pembelajaran. Secara umum untuk melestarikan kebudayan dan seni daerah,” ungkap Nur Fajri, M.Pd selaku dosen mata kuliah seni Prodi PGSD FKIP UMK.

“Saya sangat bersyukur dan bangga kepada mahasiswa yang dengan sukarela latihan dan bekerja keras untuk menggelar acara ini sampai semewah dan semegah ini. Acara yang sangat bermanfaat ini semoga bisa digelar lagi untuk tahun-tahun berikutnya,” Kata Kaprodi PGSD Ika oktavianti, S.Pd., M.Pd.

“Kami atas nama pimpinan sangat mengapresiasi kegiatan ini, saya lihat ini adalah paling mewah dari pada kegiatan sebelumnya. Wujud kreativitas mahasiswa yang mengandung banyak nilai karakter. Ada nilai kejujuran, kreativitas, kerja sama, kepedulian sosial, tanggung jawab, dan sebagainya.  Karya mahasiswa yang bagus bisa dikembangkan dan kalau ada yang menarik dan orisinil hasil karya mahasiswa bisa dipatenkan,” kata Dr. Suparnyo, SH., MS. Selaku Rektor UMK yang juga dihadiri Dr. Murtono, M.Pd., selaku Wakil Rektor I UMK. (na)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar