"Cintai Alam Kita, Rawat Pohon Bakau Bersama"

Jepara, soearamoeria.com
Dalam rangka Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS dan Penerimaan Anggota Baru (PAB) Ekstrakurikuler Pecinta Alam, SMA 1 Mejobo Kudus mengadakan kegiatan yang difokuskan pada pembinaan siswa tentang potensi diri dalam kemampuan untuk memimpin serta  pendekatan siswa terhadap lingkungan. 

Kegiatan ini diikuti 125 peserta dan dilaksanakan di Pantai Blebak Jepara Sabtu-Ahad (23-24/01/16).

Kegiatan ini di samping para siswa akan diberi materi tentang dasar-dasar keorganisasian, leadership juga akan dikenalkan pada proses kesadaran pada kebersihan lingkungan, terutama lingkungan pantai. 

Di mana pantai merupakan homogenitas alam yang butuh dijaga kebersihan dan kelestariannya. Terlebih lagi pada sebagian besar pantai saat ini telah berubah menjadi tempat pemukiman warga dan tempat wisata. Sehingga lingkungan pantai perlu mendapat perhatian khusus agar pantai tetap asri serta lestari.

Tanam Bakau
Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian alam pantai para siswa SMA 1 Mejobo menanam kurang lebih 2000 bibit bakau di sepanjang bibir pantai Blebak. Dalam hal ini pihaknya menggandeng pihak Djarum Foundation Bhakti Lingkungan guna untuk pengadaan bibit bakau. 

Para siswa tampak bersemangat dalam menanam bibit bakau, terbukti tajamnya karang beserta hujan deras dari awal hingga akhir tak menghalangi semangat mereka. Kegiatan penanaman bibit bakau yang diikuti langsung oleh kepala sekolah ini berlangsung dari jam 8 hingga jam 11 pagi. Dan ditutup dengan penancapan plang yang bertuliskan “cintai alam kita, rawat bakau bersama” di area penanaman.

Menurut kepala sekolah SMA 1 Mejobo, Nur Afifuddin kegiatan ini dilaksanakan guna membangun serta menanamkan sikap sadar sejak dini bagi para siswa dalam menjaga alam dan lingkungan. "Kami juga berharap selepas kegiatan ini para siswa mampu menerapkan pengetahuan tersebut secara kontinyu sehingga SMA 1 Mejobo mampu mencapai predikat sekolah berwawasan Adhi Wiyata," imbuhnya.

Sedangkan menurut  Arif Hartoyo, kegiatan LDK SMA 1 Mejobo pada tahun ini diselenggarakan secara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena kali ini diselenggarakan bersama dengan ekstra pecinta alam. "Dalam kegiatan yang bertajuk Every one can be leader ini bertujuan untuk menggali potensi kepemimpinan bagi siswa. Yang nantinya diharapkan akan berguna bagi pengembangan diri siswa baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat secara luas," papar Arif.

Warga sekitar sangat gembira sekali dengan kepedulian pihak luar terutama generasi muda untuk ikut ambil bagian dalam menjaga kelestarian lingkungan mereka. Menurut Mbah Lasim salah seorang warga yang ikut memantau kegiatan menyampaikan dengan kegiatan ini harapannya mengembalikan keasrian Pantai Blebak seperti sekitar dua puluhan tahun yang lalu. Di mana pantai Blebak dulunya merupakan kawasan yang dipadati oleh tumbuhan bakau. (Salim)
"Cintai Alam Kita, Rawat Pohon Bakau Bersama" "Cintai Alam Kita, Rawat Pohon Bakau Bersama" Reviewed by Syaiful Mustaqim on 18:02:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.