Gus Muwafiq: Haul Napak Tilas Perjuangan Pendahulu

Jepara, soearamoeria.com
KH Muwafiq saat hadir di pesantren Nailun Najah desa Kriyan kecamatan Kalinyamatan kabupaten Jepara menyatakan haul merupakan momentum untuk mendoakan para pendahulu. Hal itu dikatakannya dalam Harlah Majlis Kenduri Syafaat ke-7 dan Haul ke-9 Kiai Muhammad Suhaimi di kompleks pesantren Nailun Najah, Ahad (7/9) malam.

Mendoakan sebut kiai nyentrik asal Yogyakarta itu bisa dilakukan dengan membaca kalam ilahi atau dengan sedekah.

Ia menegaskan doa yang dipanjatkan orang yang masih hidup sampai kepada sasaran. Karenanya Imam Syafii berpendapat agar mengeraskan bacaan saat berdoa.

“Makanya NU menyusun doa lengkap. Majmuk syarif. Karena doa-doa yang kita panjatkan sampai,” tegasnya.

Haul lanjut Gus Muwafiq, sapaan akrabnya, adalah napak tilas perjuangan pendahulu. “Jangan sampai kita lupa asal usul kita. Jangan sampai lupa juga dengan para pendahulu kita,” tambahnya.

Ia menyampaikan karena seringnya memperingati haul maupun maulid bangsa menjadi damai. “Kita patut bersyukur karena hidup di Indonesia. Mendapat hidayah Islam yang Rahmatan lil alamin. Karenanya kita pertahankan kebaikan-kebaikan kita,” imbuhnya.

Gus Muwafiq menyampaikan tidak perlu heran dengan Suriah maupun Palestina yang sering dilanda konflik sebab masih menurutnya disana tidak ada aktivitas haul apalagi maulid. (sm)
Gus Muwafiq: Haul Napak Tilas Perjuangan Pendahulu Gus Muwafiq: Haul Napak Tilas Perjuangan Pendahulu Reviewed by Syaiful Mustaqim on 08:14:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.