Terapkan Program Double Degree, Penuhi Kebutuhan Masyarakat


Jepara, soearamoeria.com-Mulai tahun 2013 lalu SMK Walisongo Pecangaan Jepara menerapkan double degree untuk peserta didiknya. Penerapan keahlian ganda tersebut dilaksanakan saat kelas XII semester ganjil dengan program ekstra wajib. Ekstra wajib jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) ialah Teknik Sepeda Motor (TSM).

Jurusan Kriya Teksil (KT) yaitu Tata Busana (TB) dan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dengan kegiatan ekstra Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Selesai mengikuti program selama satu semester dilanjutkan dengan uji kompetensi. Tahun ini uji kompetensi dilaksanakan Senin-Rabu (12-14/5) dan diikuti 106 peserta didik 64 TKR, 32 TKJ dan 10 KT.

Waka Kurikulum, Ardana Himawan program tersebut dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan masyarakat. “Masyarakat biasanya acuh. Kalo jurusan kendaraan ringan dikiranya bisa paham tentang mobil dan motor. Padahal sejatinya TKR hanya fokus di mobil. Dari itu, program double degree dilaksanakan sejak tahun 2013 kemarin,” jelasnya.

Andi Wahid, siswa XII TKR B menyatakan selama tiga tahun belajar dirinya bisa belajar tentang mobil dan motor. “Tentang mobil saya dapatkan di jurusan TKR dan tentang motor saya terima saat mengikuti ekstra wajib TSM,” kata peraih juara 2 Lomba Kompetensi Siswa bidang TKR tahun 2013.

Siswa lain, M Yusrul Hana menyatakan hal serupa. Di jurusannya TKJ dalam satu semester bisa menerima program ekstra RPL. Tak salah jika Yusrul tahun kemarin, memboyong juara I Lomba Kompetensi Siswa Bidang TKJ. Sedangkan siswi XII KT, Atika Fauziyah berharap keahlian ganda yang ia dapatkan KT dan TB bisa ia pergunakan untuk bekal bekerja usai lulus.

Kepala SMK Walisongo, Sutarwi Samsul Maarif menambahkan pihaknya berharap dari program ganda tersebut harapannya memikat calon peserta didik baru. Karena belum tentu SMK lain menjalankannya. Disamping itu, membeli bekal bagi peserta didik untuk terjun di dunia kerja.

“Kelebihan program ini siswa mendapat dua sertifikat. Jurusan TKR dari Mitsubishi dan Honda. Jurusan KT dari Sanggar Batik dan Griya Anita dan TKJ dari Apti,” tambahnya. (Syaiful Mustaqim)
Terapkan Program Double Degree, Penuhi Kebutuhan Masyarakat Terapkan Program Double Degree, Penuhi Kebutuhan Masyarakat Reviewed by Syaiful Mustaqim on 21:01:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.