M Nuh: SMK Pesantren yang Maju Pesat Ya Balekambang


Jepara, soearamoeria.com-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), M Nuh meresmikan Akademi Komunitas Balekambang (AKB) berlangsung di pesantren “Roudlotul Mubtadiin” Balekambang desa Gemiring Lor kecamatan Nalumsari kabupaten Jepara, Rabu (01/01). (Baca: Yuk Kuliah di Akademi Komunitas Balekambang)

Hadir dalam kesempatan itu, Achmad Jazidie (Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendinas), H Fathur Rokhman  (Rektor Unnes), H Noor Achmad (Rektor Unwahas), Supriyadi (Direktur Polines), H Ahmad Marzuqi (Bupati Jepara), H Muhdi Zamru (Kepala Kemenag Jepara), H Mas’un Duri (Komisi C DPRD Jepara), Muspika Nalumsari, wali santri dan jamaah Rebonan.

Dalam sambutannya Ahmad Marzuqi menyatakan di Jepara memiliki dua akademi komunitas. Yakni rintisan akademi Politeknik Negeri Malang yang disebut penyelenggaraan pendidikan luar domisili yang berada di SMKN 2 Jepara dan AKB yang memperoleh izin dari Kemendikbud No.476/ E/ O/ 2013 tertanggal 18 Oktober 2013.

Kedepan keberadaan AKB menurutnya mahasantri selain belajar ilmu teknik juga ditopang dengan gemblengan agama sebab mereka harus mukim di asrama selama studi.

Mendikbud, M Nuh mengungkapkan AKB merupakan kelanjutan dari SMK pesantren. Keberadaan SMK Balekambang baginya membawa dampak yang luar biasa di tengah-tengah masyarakat.

“Saya belum pernah menemukan SMK berbasis pesantren yang berkembang pesat. Nah saya menemukan itu di SMK Balekambang,” katanya kepada ribuan hadirin yang memadati pelataran SMK Balekambang putra.

AKB lanjutnya bertujuan untuk meningkatkan skill santri. Santri mempunyai kemandirian, mampu berkarya untuk dirinya maupun untuk orang lain. Jika demikian, ia yakin mahasantri tersebut akan berperan besar membangun Indonesia kedepan.

Dari perkembangan-perkembangan itu ia menampik anggapan SMK pesantren—(SMK NU, red) berjalan lamban, tidak maju. Tetapi dari perkembangan Balekambang, Nuh memaknainya sebagai perkembangan lembaga pendidikan NU yang luar biasa.

Pria kelahiran Surabaya 1959 itu menambahkan saat bumi dihuni oleh orang-orang saleh maka menurutnya pikiran-pikiran yang dituangkan luar biasa, kreativitas yang didapatkan berkulaitas serta diimbangi dengan semnangat kejujuran. Hal itu merupakan karakter dari santri yang siap tampil jika diberi amanat menjadi pemimpin. Itu juga sambung mantan Rektor ITS yang mendasari kurikulum 2013 tentang berpikir kreatif dan selalu jujur.

Marzuqi dalam sambutannya juga menyampaikan karena Kemendikbud sudah memberikan izin operasional pihaknya berharap kementerian terkait memberikan bantuan berupa kampus. M Nuh menanggapi permohonan tersebut. “InsyaAllah kami akan bertanggung jawab memberikan bantuan berupa kampus AKB,” bebernya.

Dalam kesempatan peresmian, secara resmi M Nuh menandatangani prasasti AKB yang menandakan akademi komunitas tersebut resmi beroperasi tahun 2014. (qim)
M Nuh: SMK Pesantren yang Maju Pesat Ya Balekambang M Nuh: SMK Pesantren yang Maju Pesat Ya Balekambang Reviewed by Syaiful Mustaqim on 07:55:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.