Potensi Diri Perlu Ditingkatkan untuk Gapai Kesuksesan


Jepara, soearamoeria.com-Untuk meningkatkan potensi diri memerlukan sarana untuk mencapai sebuah kesuksesan. Hal itu diungkapkan Muhammad Najib saat memberikan materi Achiecvment Motivation Training (AMT) di SMA Walisongo Pecangaan, Minggu (14/10). Dosen UGM Yogyakarta tersebut mengambarkan bahwa potensi itu seperti minyak bumi yang harus digali dan dieksplorasi.


Begitu pula dengan menggali potensi harus sering untuk mencoba hal-hal baru yang bermanfaat dan meningkatkannya. “Kita harus sering bertanya pada orang lain, melihat, mengidentifikasi dan merasakan apa yang kita sukai,” katanya.

Apabila potensi tersebut tidak digali dan dikembangkan maka hanya akan menjadi bakat terpendam. “Potensi harus dikembangkan dan didayagunakan agar potensi terus tumbuh dan berkembang,” akunya.

Najib memaparkan ada 5 cara untuk mengelola potensi diri yaitu fokus pada potensi bukan pada keterbatasan, fokus pada hal-hal yang bisa dikerjakan dengan baik, menanamkan citra diri sebagai orang yang sukses, menjadikan diri sendiri serta membina hubungan dengan relasi kerja dan tingkat persahabatan.

Fokus pada potensi bukan keterbatasan maksudnya tidak boleh merasa kecil hati apabila merasa demikian maka akan menggerogoti rasa percaya diri dan mengubur keberhasilan. Fokus pada hal-hal yang bisa dikerjakan dengan baik. Artinya jangan surut karena orang lain kelihatan lebih mampu  karena yang menentukan kaberhasilan bukan bakat semata, namun juga niat, ketekunan dan usaha.

Menanamkan citra diri sebagai orang sukses maksudnya agar berhasil maka harus bisa melihat diri sendiri berhasil. “Jadilah diri anda sendiri, berarti kita harus tampil sendiri apa adanya, tanpa bersandar pada harapan orang lain. Kalau kita ingin sukses, harus menjadi diri sendiri yang terpenting jika kita jujur terhadap naluri kita, maka secara alami biasanya kita akan mengembangkan ciri khas tertentu,” jelasnya. 

Yang terakhir yaitu membina hubungan dengan relasi kerja dan tingkat persahabatan. “Sebagai mahluk sosial keberhasilan dalam membina adalah suatu kunci sukses dalam berkarir karena manusia tidak mungkin dapat hidup sendiri,” pungkasnya. (Romdlo-Asror/qim)

Potensi Diri Perlu Ditingkatkan untuk Gapai Kesuksesan Potensi Diri Perlu Ditingkatkan untuk Gapai Kesuksesan Reviewed by Syaiful Mustaqim on 04:58:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.