Hutan Mangrove untuk Jaga Ekosistem Alam

Pati, soearamoeria.com-Masyarakat nelayan desa Keburomo kecamatan Tayu yang tergabung dalam Paguyuban Nelayan KUB Bino Makmur dan 5 Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) STAIMAFA Pati, mulai berdatangan di sekretariat KUB Bino Makmur di RT 01 RW 01 desa setempat, Senin sore (29/10). Mereka antusias mengikuti kegiatan yang diadakan KUB Bino Makmur yakni perawatan dan penanaman kembali pohon mangrove di sepanjang pantai Keburomo.

Kegiatan itu dilakukan agar pohon mangrove yang sudah mereka tanam setahun lalu dengan dana swadaya anggota KUB Bino Makmur dapat  hidup dan berkembang biak dengan baik.

Sebelum pelaksanaan, Adib Wahono sebagai ketua KUB Bino Makmur menjelaskan latar belakang dan tujuan diadakannya kegiatan tersebut kepada anggota yang hadir. “Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat nelayan pantai Keburomo terhadap alam sebagai teman dalam memenuhi kebutuhan hidup. Mengingat manfaat mangrove dapat mengurangi zat-zat yang merusak yang ditimbulkan dari limbah pabrik disekitar desa dan juga dapat melindungi biota laut,” jelasnya.

Pihaknya sadar meski tidak bisa mengembalikan ekosistem alam di pantai Keburomo, paling tidak hal tersebut dapat meminimalisir perubahan tersebut.

Adib berharap dengan adanya kegiatan tersebut pemerintah dari tingkat desa, daerah hingga pusat dapat menjadi mitra dalam pelestarian mangrove dan membantu mensosialisasikan kepada masyarakat nelayan akan pentingnya hutan mangrove terhadap kehidupan nelayan.

Selain itu imbuhnya kepedulian pemerintah dan dinas terkait terhadap masyarakat nelayan sangat mereka harapkan dalam hal pemberian bantuan berupa bibit pohon mangrove. (Maela Husna/qim)
Hutan Mangrove untuk Jaga Ekosistem Alam Hutan Mangrove untuk Jaga Ekosistem Alam Reviewed by Syaiful Mustaqim on 20:14:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.