Disdikbud Kota Magelang Perkuat IKM KKG SD - Soeara Moeria

Breaking

Kamis, 30 Mei 2024

Disdikbud Kota Magelang Perkuat IKM KKG SD

Peningkatan SDM guru SD di Kota Magelang. 


Magelang, soearamoeria.com - Kurikulum merupakan seperangkat alat pembelajaran yang dijadikan dasar dalam aktivitas pembelajaran. Oleh karena itu, pada 29-30 Mei 2024 Disdikbud Kota Magelang serius berupaya meningkatkan SDM di lingkungan sekolah Kota Magelang. 


Atas inisiasi kegiatan kapasitas pembinaan guru pada kurikulum Merdeka diharapkan memberikan dampak peningkatan kualitas profesionalitasnya, dalam hal ini pendidik SD di Kota Magelang dengan menghadirkan Fasilitator Sekolah Penggerak Kemendikbid RI yaitu dosen UNIMMA, Rasidi dan dari INISNU Temanggung Sigit Tri Utomo. 


"Pasca Pandemi Covid 2019,  pemerintah melalui Kemendikbudristek terus berupa mengoptimalkan proses pembelajaran melalui perubahan kurikulum, salah satunya Kurikulum Merdeka termasuk di Disdikbud Kota Magelang," papar Sigit.


Adapun alur pada Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024. Alur implementasi Kurikulum Merdeka diperuntukkan pada Satuan Pendidikan dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. 


"Alur implementasi Kurikulum Merdeka ini juga diperuntukkan untuk satuan pendidikan baik yang sudah menggunakan Kurikulum Merdeka tahun sebelumnya atau belum sama sekali menggunakan Kurikulum Merdeka," papar Sigit.


Kegiatan penguatan kapasitas pembinaan Disdikbud Kota Magelang diadakan di Gedung Aula Cendekia diprakarsai oleh Imam Baihaqi selaku kepala Dinas Pendidikan dengan mengusung tema Pembelajaran Inovatif pada IKM dan Pelaksanaan P5.


Kegiatan ini mendapatkan animo yang besar dari guru berbagai Sekolah Dasar di Kota Magelang, terbukti dalam dua hari  ratusan pendidik hadir antusiasme tinggi mengikuti kegiatan dari awal hingga selesai pada 29 dan 30 Mei 2024.


Bahkan banyak peserta yang bertanya seputar IKM berupa tips dan trik agar berjalan optimal di lembaga pendidikan masing-masing. 


Sementara Rieke selaku panitia berharap bahwa melalui kegiatan seperti ini terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas hingga profesionalitas pada guru dalam IKM di sekolah masing-masing. (st)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar