TBM Smart Pustaka Terima Hibah Buku dari Perpustakaan Kominfo - Soeara Moeria

Breaking

Senin, 11 Maret 2024

TBM Smart Pustaka Terima Hibah Buku dari Perpustakaan Kominfo

Pustakawan Kominfo sambangi Smart Pustaka. 

Jepara, soearamoeria.com – Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Smart Pustaka Desa Margoyoso RT 02 RW 03 Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara menerima hibah buku dari Perpustakaan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Republik Indonesia. Paketan seberat 343 kg dengan 7 kardus tersebut dikirimkan pada Jumat (1/3/2024) dengan dengan menggunakan Pos Logistics. Dan paketan sampai di lokasi pada Selasa (5/3/2024). 


Sebagai tindak lanjut dari pemberian hibah, pihak pustakawan Kominfo hadir di TBM Smart Pustaka pada Senin (11/3/2024). Hadir pustakawan Kominfo Eka Y.H. Sementara dari TBM Smart Pustaka Syaiful Mustaqim, didampingi Asyari Muhammad, Kartika Catur Pelita, dan Adi Zamzam. 


Syaiful Mustaqim, pengelola TBM Smart Pustaka mengatakan beberapa waktu lalu pihaknya dihubungi oleh pustakawan Kominfo perihal pemberian hibah buku. Komunikasi yang disampaikan via whatsapp tersebut intinya pustakawan tersebut melihat di medsos tentang kiprah yang dilakukan di dunia taman baca sejak tahun 2009 silam. Karena TBM yang dimaksud sudah vakum maka pengelola meminta agar TBM Smart Pustaka yang memperoleh hibah. Akhirnya disetujui permintaan tersebut.

 


Dikatakan, bagi Mustaqim TBM Smart Pustaka juga mempunyai sejarah tersendiri. TBM Smart Pustaka di tahun 2006 – 2008 bernama Smart Library. “Smart Library merupakan perpus pribadi yang saya kelola. Meski koleksi pribadi buku-buku di perpus dipinjam secara secara rutin dipinjam anggota Lembaga Pers Siswa (LPS) Smart untuk penunjang bacaan,” jelas pria kelahiran 1984 ini. 


Kemudian di tahun 2016 nama Smart Pustaka digunakan untuk jualan buku secara online melalui instagram, dan fanspage hingga sekarang. Tahun 2024 merambah ke ruang baca yang bisa diakses secara umum. 


Jagong gayeng tentang banyak hal. 

Ditanya tentang program-program yang akan dijalankan, pria yang juga Pemimpin Redaksi soearamoeria.com itu tidak muluk-muluk. “Dulu saya bersama Asyari Muhammad sudah ‘berdarah-darah’ mengelola TBM Praja Muda dengan beragam aktivitas untuk masyarakat. Sekarang dalam membuat program pelan-pelan dan tentu yang sejalan dengan koridor literasi,” tandasnya.


“Semoga hibah buku yang kami terima dari Perpus Kominfo bermanfaat untuk masyarakat khususnya yang suka baca, maupun yang sedang mencari referensi untuk berbagai kebutuhan,” pungkasnya.


Pustakawan Kominfo, Eka Y.H menyatakan bahwa hibah buku untuk TBM Smart Pustaka terbilang spesial. “Biasanya pihak TBM, atau perpustakaan yang mengajukan proposal. Tapi untuk Smart Pustaka kami yang pro aktif. Kami pantau Mas Syaiful ini aktif di dunia taman baca sejak tahun 2009. Sehingga hal ini yang membuat kami tertarik memberikan hibah,” kata pria kelahiran Jakarta ini.


Penting diketahui bahwa tahun 2024 ini TBM yang menerima hibah ada 3 titik di Jawa (Jepara, red), Sulawesi, dan Sumatera. Semoga hibah buku yang bermanfaat untuk masyarakat,” tambah pria berusia 58 tahun ini. 


Sejak pagi sekira pukul 09.00 – 14.30 pustakawan Kominfo didampingi pengelola TBM Smart Pustaka tampak ngobrol banyak hal utamanya dunia perbukuan, penulisan, dan isu-isu kekinian. (ah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar