Pembelajaran Matematika Melalui TPACK - Soeara Moeria

Breaking

Jumat, 15 Maret 2024

Pembelajaran Matematika Melalui TPACK

Fanny Fakhrezi. 

Oleh : Fanny Fakhrezi, alumnus Universitas PGRI Semarang, mahasiswa PPG Prajabatan


Pada abad 21 ini guru tidak hanya dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang materi dan cara mengajarkannya, melainkan perlu adanya pengetahuan tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Guru abad 21 harus memiliki pengetahuan sekaligus keterampilan dalam menggunakan berbagai perangkat teknologi baik yang tradisional maupun modern untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan hasil pembelajaran. 


Pengetahuan ini bukanlah hal baru dalam pendidikan, Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan salah satu pengetahuan yang harus dikuasai guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran. Hal inilah yang coba saya terapkan dalam pembelajaran matematika.


Adapun teknologi yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran matematika yaitu ClassPoint. Classpoint merupakan sebuah perangkat yang dikembangkan oleh perusahaan Inknoe, terintegrasi dengan PowerPoint. PowerPoint merupakan media pembelajaran yang berasal dari salah satu program dari Microsoft, digunakan sebagai perangkat lunak untuk mempresentasikan materi kepada peserta didik di dalam proses pembelajaran, terutama dalam pembelajaran diskusi serta presentasi tentang pemaparan materi di dalam kelas.

 


PowerPoint memiliki kemampuan pengolahan teks, warna, gambar, video, audio serta animasi-animasi yang bisa diolah sendiri sesuai kreativitas penggunanya (Astari, 2022; Octaviani, 2021).  Namun masih banyak guru menggunakan PowerPoint hanya untuk membuat media presentasi atau bahan ajar yang bersifat teacher centered, dimana peserta didik hanya berperan sebagai pendengar atau penonton tanpa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Namun dengan menggunakan ClassPoint hal tersebut tidak terjadi. 


Berdasarkan implementasi yang dilakukan teknologi ini mendorong keterlibatan aktif peserta didik selama pembelajaran, khususnya matematika. Mata pelajaran yang biasanya dihindari oleh peserta didik karena membosankan dan monoton, kali ini dengan memanfaatkan fitur yang ada pada ClassPoint memberikan suasana yang berbeda pada peserta didik. 


ClassPoint memiliki sejumlah fitur untuk membuat materi pembelajaran yang menarik dan meningkatkan engagement antara peserta didik dengan materi pelajaran. Melalui fitur tersebut, dapat dirancang kuis yang menarik dan interaktif bahkan membuat coretan layaknya menulis di papan tulis. Hal tersebut memungkinkan guru dengan peserta didik dapat melakukan tanya jawab secara langsung (Sundari et al., 2021).


Interaksi yang terjadi yaitu peserta didik dapat secara langsung terlibat dengan bahasan materi atau permasalahan yang disajikan pada PowerPoint melalui smartphone masing-masing. Pada praktiknya peserta didik akan diminta untuk login atau bergabung ke dalam kelas layaknya pembelajaran secara daring. Setelah masuk ke kelas secara online peserta didik dapat mengakses PowerPoint yang ditampilkan oleh guru di depan. 


Peserta didik juga dapat mengakses kuis yang disajikan dengan menjawab maupun memberikan respon. Berikut beberapa kegiatan interaktif yang dapat dilakukan melalui media ini. Multiple Choice merupakan fitur dimana peserta didik akan memilih jawaban yang menurutnya sesuai dengan permasalahan. Short Answer merupakan fitur dimana peserta didik diminta untuk memberikan respon atau jawaban singkat. Image Upload merupakan fitur di mana peserta didik akan mengunggah foto jawabannya. Fitur ini biasanya digunakan pada sesi presentasi dimana dibandingkan peserta didik menuliskan jawabannya ke papan tulis yang kurang efektif, akan lebih baik jika mereka mengunggahnya ke fitur ini. Kemudian nantinya hasil unggahan tersebut dapat ditampilkan secara langsung ke peserta didik yang lain.


Fitur lainnya seperti Name Picker yang saat ini sering digunakan oleh guru untuk mengacak nama peserta didik dalam proses pembelajaran, juga dapat diakses melalui ClassPoint. Bukan hanya menarik dan interaktif, namun pembelajaran menjadi lebih efektif karena segala akses fitur yang biasanya dilakukan secara terpisah sudah menjadi satu dalam media ini. 


Peserta didik juga menjadi tertarik dan tertantang dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya tanpa adanya keterpaksaan. Di mana secara tidak langsung pemanfaatan TPACK ini dapat membantu meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran matematika. Hal tersebut menunjukkan bahwa mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran (TPACK) sangat diperlukan di abad 21 ini. Peserta didik diharapkan dapat terlatih dan siap untuk menghadapi tantangan di kehidupan nyata melalui pengalaman bermakna, baik relevansi materi dengan konteks sehari-hari mereka maupun keterampilan menggunakan teknologi. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar