Gyeongseong Creature, Serial Berlatar Penjajahan Jepang - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 06 Januari 2024

Gyeongseong Creature, Serial Berlatar Penjajahan Jepang

Cover Gyeongseong. 

Judul : Gyeongseong Creature 

Sutradara : Jeong Dong Yun

Laman : Netflix

Tayang : 3 Desember 2023

Peresensi : Saskia Hasri Sholekah, mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya Prodi Sastra Indonesia Universitas Diponegoro Semarang


GYEONGSEONG CREATURE! Serial penutup tahun dengan peran utama Park Soe Joon dan Han So Hee ini diproduksi oleh Story & Pictures Media dengan sutradara Jeong Dong Yun. 


Gyeongseong, judul yang diambil dari nama kota Seoul terdahulu sebelum mereka. Latar yang diambil dalam serial ini pada tahun 1945 dalam posisi Korea Selatan masih dijajah oleh Jepang. 


Park Soe Joon memerankan tokoh Jang Tae Sang, seorang pemuda yang tumbuh dari keberanian diri di tengah gempuran jajahan Komunis Jepang. Sosok dewasa Jang Tae Sang dikelilingi dengan harta, tahta hingga menjadi sosok yang paling dicari masyarakat jika memerlukan bantuan terkait dengan uang, barang hingga orang. 


Tae Sang dikenal sebagai sosok pengusaha tampan, pintar, kuat, juga angkuh. Suatu hari ia dijebak oleh Jenderal Lahikawa Maeda untuk mencari wanita simpanannya Myeong Ja (Ji Woo) dengan taruhan harga dan segala kekuasaannya akan diambil alih jika tidak bisa menemukan selir itu. 


Sementara itu, Yoon Chae Ok yang diperankan oleh Han So Hee dan Yoon Jung Won (Jo Han Chul) ayahnya merupakan Todugan (ahli pencari orang hilang). Mereka berkalana hingga Manchuria, Shanghai dan akhirnya tiba di Bukchon untuk mencari keberadaan ibunya yang telah hilang setelah diambil oleh Jepang. 


Keduanya, Tae Sang dan Yoon Chae bertemu dengan kepentingan masing-masing. Mereka saling membantu dan bekerja sama untuk menemukan orang-orang yang mereka cari. Ternyata semua orang yang mereka dari ada dalam satu tempat yang sama yaitu di Rumah Sakit Ongseong. 


Rumah sakit kepemilikan Jepang ini sangatlah eksklusif. Hanya orang-orang yang berpihak pada Jepang dan tokoh-tokoh terkenal saja yang dapat menjangkaunya. 


Salah satunya adalah Kwon Jun Taek, teman Jang Tae Sang yang diperankan oleh Wi Ha Joon. Jun Taek merupakan pemuda dengan keluarga pro Jepang, namun ia berkhianat ia selalu membela kemerdekaan Korea. 


Tae Sang, Yoon Chae, Yong Jung dan Jun Taek memutuskan masuk ke dalam rumah sakit itu guna mencari Myeong Ja. Ternyata rumah sakit itu menyimpan banyak misteri berupa moster yang menyebarkan vitus antrax. 


Fakta mengejutkan lagi, rumah sakit tersebut merupakan “rumah produksi moster”, banyak percobaan dilakukan di sana menggunakan sebuah “hewan” yang dimasukkan pada tubuh manusia. 


Yoon Chae menemukan fakta menyakitnya, sosok ibu yang telah ia cari selama 10 tahun kini telah menjadi bahan percobaan dan menjadi moster. Tak hanya itu ia hampir dijebak untuk meminum “hewan” yang menjadi biang moster tersebut. 


Bagian pertama series ini ditutup dengan keberhasilan keluar dan ditemukannya Myeong Ja. Ia keluar bersama dengan Yoon Chae, Yoon Jung dan beberapa tawanan yang akan menjadi bahan percobaan. 


Jang Tae Sang menjadi penutup, ia tidak bisa keluar dari rumah sakit tersebut dan sosok Myeong Ja yang meminum “hewan” biang moster. 


Series ini mengungkapkan kejamnya bentuk nafsu manusia untuk menguasai dunia hingga rela melakukan percobaan pembuatan moster dengan uji coba manusia. (15)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar