The Matchmakers, Kisah Mak Comblang Era Dinasti Joseon - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 30 Desember 2023

The Matchmakers, Kisah Mak Comblang Era Dinasti Joseon

Cover film the matchmaker.

Judul : The Matchmaker 

Sutradara : Hwang Seung-Gi dan Kim Soo Jin

Laman : Netflix

Tayang : 30 Oktober 2023

Peresensi : Saskia Hasri Sholekah, mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya Prodi Sastra Indonesia Universitas Diponegoro Semarang


The Matchmakers! Drama korea bergenre komedi romantis yang diperankan oleh Rowoon dan Choi Yi Hyun. Latar belakang kehidupan mereka tertulis pada era Dinasti Joseon. 


Kisah duda dengan latar belakang keluarga berpangkat (anak angkat raja), pendidikan terbaik, kepintaran yang tak perlu diragukan hingga ketampanan yang menawan. Shim Jung Woo (Rowoon) harus menanggung nasib menjadi duda di usia muda bahkan sebelum upacara pernikahan selesai. 


Di sisi lain, Jung Soon Deok (Choi Yi Hyun) adalah janda menawan dari suami yang merupakan anak kedua dari pimpinan raja. Soon Deok mempunyai kehidupan lain selain menjadi menantu kerajaan. 


Keduanya hidup sebagai konsultan pernikahan atau bahasa gaulnya mak comblang. Soon Deok yang terlebih dahulu menyelami dunia menjadi mak comblang sangat terkenal dengan keahliannya dalam memilihkan dan menjdohkan pasangan hingga ke pernikahan. 


Kemudian disusul oleh Shim Jung Woo yang mendapatkan titah dari mantan mertua untuk menjodohkan sebagai timbal balik agar tidak dihukum atas kesalahannya menjadi menantu kerajaan. 


Yeo Joo Daek nama samaran dari Jung Soon Doek jika ia sedang menjalankan tugas menjadi mak comblang. Selalu terjadi hal yang menggemaskan jika Jung Woo bertemu dengan Soon Doek. Keduanya bertengkar sebab sebuah buku yang ditulis oleh Lee Seung Joo. 


Lambat laun pertemuan keduanya terlihat intens kala mendapatkan titah untuk menjadi biro jodoh yang harus mendekatkan dan menjadikan pernikah terjadi pada 4 laki-laki dan 4 perempuan. 


Peserta perempuan terdiri dari Maeng Ha Na (Shin Jung Hye), Maeng Doo Ri (Park Ji Won), serta Maeng Sam Soon (Jung Bo Min). Ada juga Jo Ye Jin (Oh Ye Joo) yang merupakan saudari ipar Jung Soon Deok.


Sedangkan peserta laki-lakinya terdiri dari petani Yoon Boo Gyeom (Choi Kyung Hoon) dan kakak Jung Soon Deok, Jung Soon Gu (Heo Nam Joon). Selain itu, ada juga Lee Si Yeol (Son Sang Yeon) yang dinilai sebagai laki-laki lajang terbaik di Hanyang.


Peran mak comblang dalam era ini memang sangat dianggungkan. Berbagai kiprah dari mulai orang biasa hingga pengurus kerajaan bahkan anak raja pun banyak yang berjodoh melalui mak comblang. 


Dalam hal ini intensitas pertemuan antara Jung Woo dan Soon Doek bertambah sangat intens. Hingga akhirnya banyak bibit-bibit rasa cinta yang ada di antara keduannya. Meskipun begitu, Jung Woo termasuk laki-laki yang sedikit nakal. Ia sering lagi menggoda atau tergoda dengan perempuan lain. 


Pada lain sisi, praktik perjodohan yang mereka lakukan mendapatkan hasil yang memuaskan. Satu per satu pasangan menjadi dekat bahkan akan melanjutkan pada tahap pernikahan. (12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar