Novel Once Upon a Broken Heart, Kisah Patah Hati yang Jadi Petualangan Besar - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 09 Desember 2023

Novel Once Upon a Broken Heart, Kisah Patah Hati yang Jadi Petualangan Besar

Cover buku Once Upon a Broken Heart. 

Judul : Once Upon a Broken Heart

Penulis : Stephanie Garber

Penerbit : Mizan Fantasi

Terbit : Cetakan ke-3, Juni 2023

Peresensi : Sherly Gratia Widyasari, Mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya, Jurusan Sastra Indonesia, Universitas Diponegoro


Stephanie Garber menjadi penulis yang dikenal melalui novelnya yang berjudul Caraval. Novel tersebut berhasil membuat Stephanie sebagai penulis terlaris New York Times. Stephanie Garber berhasil dikenal sebagai penulis novel bergenre fantasi. Karya terbarunya berjudul Once Upon a Broken Heart berhasil diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. 


Once Upon  Broken Heart berisi tentang kisah Evangeline Fox dan Jacks Si Pangeran Hati. Seperti judulnya, kisah dalam novel ini dimulai dari patah hati. Evangeline Fox dari kecil telah mengenal keberadaan dunia sihir. Dia percaya dengan dongeng yang diceritakan oleh ibunya. Dia juga percaya dengan toko ajaib yang dimiliki oleh ayahnya.


Keajaiban itu akhirnya berhasil Evangeline temukan ketika dia ingin meminta bantuan kepada Pangeran Hati. Eva berhasil masuk ke gereja yang berisi patung Pangeran Hati. Eva kemudian berdoa kepada Pangeran Hati untuk menghentikan pernikahan saudara tirinya dengan Luc. Luc adalah kekasih hatinya.


Eva percaya bahwa Luc sangat mencintainya dan Luc terkena kutukan yang akhirnya memilih menikah dengan saudaranya. Eva masih percaya jika Luc seharusnya tidak menikah dengan orang lain. Sesosok laki-laki tiba-tiba datang dan mengajaknya berbicara. Ternyata pria itu adalah sang Pangeran Hati.


Pria bernama Jacks itu akhirnya memberi syarat kepada Evangeline. Pangeran Hati meminta 3 ciuman dari Evangeline, namun satu ciuman dari Pangeran Hati bisa membunuh orang. Pangeran Hati akan menyuruh Evangeline untuk mencium 3 orang agar hutangnya impas. Evangeline kemudian kembali ke tempat pesta. 


Seluruh orang yang datang di pesta justru berubah menjadi batu. Eva merasa bersalah dan tanpa pikir panjang meminum cairan yang membuat keadaan kembali seperti semula, tetapi justru gentian Eva yang berubah menjadi batu. Keberanian Eva itu akhirnya membuat Eva dianggap sebagai penyelamat di desanya. Ketika Eva berhasil kembali menjadi manusia, dia mendapat kesempatan untuk bertemu ratu. 


Ratu dari Imperium Meridian menyuruh Eva untuk pergi ke utara mewakili undangan dari pangeran. Ketika berada di Utara, Evangeline menemukan dunia sihir. Dunia sihir itu nyata di Utara Agung. Evangeline bahkan menemukan sesuatu yang luar biasa berkaitan dengan dirinya. 


Kisah yang sudah lama terkubur mulai terkuat sedikit demi sedikit. Ketika Evangeline masuk ke dalam pelengkung, pelengkung-pelengkung itu menyambutnya dengan baik. Ternyata ada sebuah ramalan yang mengarah kepadanya. Evangeline dianggap sebagai anak yang bisa membuka pelengkung valory.


Jacks ikut andil dalam kehidupan Eva yang tersembunyi. Pangeran Hati sengaja mengarahkan Eva untuk ke Utara Agung. Jacks memiliki rencana untuk membuka pelengkung itu. Setelah banyak hal yang Eva dan Jacks lalui bersama, Eva menjadi tidak yakin dengan Pangeran Hati. 


Banyak hal yang tidak Eva tahu sehingga membuat dirinya tidak ingin memercayai Jacks sepenuhnya. Evangeline mulai bergerak sendiri.


Novel ini berhasil membuat kisah patah hati menjadi sebuah petualangan besar. Keajaiban-keajaiban di dalamnya berhasil membuat perjalanan Eva dan Jacks penuh teka-teki. Dalam novel sendiri sedikit dijelaskan bahwa tokoh di dalamnya menyerupai gambar tarot. Stephanie Garber mungkin membuat novel ini terinspirasi dari kisah-kisah di tarot.


Tarot adalah ramalan yang mungkin dipercayai oleh seseorang. Tarot juga dapat dijadikan medium untuk melihat takdir. Untuk itu, di dalam novel ini tokoh-tokoh yang memiliki kemampuan magis ini juga dianggap sebagai takdir. Pangeran Hati pun kadang dianggap takdir. 


Novel ini memiliki desain yang bagus dan menarik. Covernya pun mewakili secara garis besar isi ceritanya. Novel ini cocok dibaca oleh para remaja. Kisah magis di dalamnya dapat memanjakan pembaca. (01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar