Sutradara Oh Choong Hwan Garap Drama Perjalanan Idol - Soeara Moeria

Breaking

Senin, 13 November 2023

Sutradara Oh Choong Hwan Garap Drama Perjalanan Idol

Sutradara Castaway, Oh Choong Hwan. 

Judul : Castaway Diva

Sutradara : Oh Choong Hwan

Laman : Netflix

Tayang : 28 Oktober 2023

Peresensi : Saskia Hasri Sholekah, mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya Prodi Sastra Indonesia Universitas Diponegoro Semarang


Oh Choong Hwan, sosok sutradara kenamaan Korea dengan marga Oh ini memulai debut pada tahun 2007 sebagai asisten sutradara menggarap drama SBS berjudul “Good Day to Love”. 


Sejak saat itu, ia menjadi asisten sutradara dalam sejumlah judul drama seperti “Innocent You” (SBS), “Pure Pumpkin Flower” (SBS) dan “History of the Salaryman” (SBS). 


Sutradara dengan almamater SNU (Seoul National University) ini debut pada perusahaan SBS dari tahun 2007 hingga 2017. Kemudian ia melanjutkan karirnya di Studio Dragon pada tahun 2018 hingga 2020. Dan pada tahun 2021 hingga sekarang ia bekerja pada perusahaan Next Scene. 


Namanya sebagai seorang sutradara melejit kala drama garapannya berjudul “You Who Came from the Stars” (SBS) mendapatkan rating tinggi dalam penayangannya. Setelah sebelumnya debut pertama menjadi sutradara dalam drama “The Birth of a Family” (2012). 


Tahun 2020 drama garapan Choong Hwan “Start Up” dengan genre romans mendapatkan rating tinggi dan masih banyak peminatnya hingga sekarang. 


Drama ini mengangkat kisah Seo Dal Mi yang bermimpi menjadi seorang pengusaha seperti Steve Jobs. Dalam perjalanannya ia bertemu dengan cinta pertama dan orang yang berpura-pura menjadi cinta petamanya yaitu Nam Do San dan Han Ji Pyeong. Akhir kisah, Soe Dal Mi bersama dengan Nam Do San dan Han Ji Pyong menjadi second choice Dal Mi berakhir sendirian. 


Melalui drama ini Choong Hwan mendapatkan sedikit kritikan pedas atas ending tokoh Han Ji Pyeong yang menjadi second choice dalam kisah percintaan Seo Dal Mi dan Nam Do San. Kisah tokoh Han Ji Pyeong yang dianggap netizen green flag harus mendapatkan ending yang sedih. 


Baru-baru ini Choong Hwan merilis drama terbaru dengan genre dan kisah yang hampir sama dengan drama “Start Up” yaitu “Castaway Diva”. Tokoh dan perjalanan hidup dari masing-masing tokoh drama tersebut bahkan memiliki banyak kesamaan. 


Netizen harap-harap cemas dengan akhir drama ini. Sebab, ending yang sedikit mengecewakan telah nampak pada drama genre romans garapan Choong Hwan sebelumnya. 


Akun @noppuchino sebagai salah satu konten creator yang membahas mengenai drama korea dan cina membuat video berupa teori dan sindiran atas ending yang akan ada dari drama garapan sutradara Choong Hwan. 


Dalam video tersebut kreator menuliskan asumsi berupa “Penulis start up bukannya tobat malah lanjut part 2, apakah bakal ada Han Ji Pyeong 2.0? Pliss jan sampe ini nasibnya Ki Ho kek Han Ji Pyeong.” 


Hal tersebut disetujui oleh banyak netizen yang telah menamatkan drama-drama garapan Choong Hwan. Mereka takut akan ending yang tidak bahagia antara sosok tokoh Ki Ho dengan Mok Ha. 


Sosok tokoh Ki Ho teman masa kecil Mok Ha ini masih belum diketahui keberadaanya maupun tokoh mana sebenarnya yang merupakan Ki Ho asli. Netizen berharap bahwa Ki Ho harus bahagia bersama dengan Mok Ha setelah banyaknya pengorbanan yang dilakukan oleh Ki Ho dalam menyelamatkan Mok Ha sekaligus menyokong mimpi-mimpinya. 


Tokoh Kang Woo Hak dan Kang Bo Geol yang menolong Mok Ha untuk keluar dan selamat dari pulau terpencil mendapatkan perhatian serta pertanyaan dari netizen manakah yang menjadi sosok Ki Ho yang asli. 


Kang Woo Hak yang pertama kali menemukan Mok Ha mampu menjalin kedekatan yang intens bahkan Woo Hak sering menjadi sosok pahlawan bagi Mok Ha. Woo Hak yang mendpati kisah Ki Ho; teman masa kecil Mo Hak merasa bahwa dirinya mempunyai banyak kesamaan dengan Ki Ho. Ditambah dengan kenyataan bahwa Woo Hak dulunya mengalami amnesia dan lupa akan segala masa lalunya. 


Di sisi lain Kang Bo Geol yang menjadi sosok adik Woo Hak terlihat acuh tak acuh bahkan sedikit menaruh rasa benci kepada Mo Hak. Meskipun demikian Bo Geol terlihat memiliki sedikit perhatian kepada Mo Hak. Hingga ia menyelamatkan Mo Hak dari kejahatan yang dilakukan oleh sosok ayah Ki Ho. 


Setelah penayangan episode 4 drama Castaway Diva, netizen memberikan bahkan pandangan negatif akan ending dalam drama ini. Apakah Ki Ho teman masa kecil Mo Hak adalah Woo Hak ataukah Bo Geol?


Netizen beradu argumen mengenai sosok Ki Ho yang asli. Akun @finaaaaa “walaupun jadi pak Han kedua ku tetap naik kapan Woo Hak” ditambah komentar akun @nuy “dari episode 1-4 udah yakin kalau Ki Ho itu Bo Geol tapi mencoba denial karena aku tim Woo Hak” 


Dari banyaknya komentar mengenai bagaimana dan “kapal tim” mana yang mereka pilih, masih banyak komentar yang menyatakan rasa trauma menonton drama dengan genre romans garapan sutradara Choong Hwan ini. 


Akun @tukangvideo “wah... malah mau ngadain pemilu lagi ini penulisnya” ditambah dengan komentar “dah trauma sama start up mending skip hahaha” dari akun @damdam. 


Berdasarkan komentar dan pendapat dari netizen tersebut berarti sosok sutradara Choong Hwan telah berhasil membuat para penonton terbawa alur cerita hingga sosok pemeran dalam drama yang ia garap sulit untuk dilupakan. (07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar