Castaway Diva, Perjuangan Seorang Idol - Soeara Moeria

Breaking

Senin, 13 November 2023

Castaway Diva, Perjuangan Seorang Idol

Cover Castaway Diva. 

Judul : Castaway Diva

Sutradara : Oh Choong Hwan

Laman : Netflix

Tayang : 28 Oktober 2023

Peresensi : Saskia Hasri Sholekah, mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya Prodi Sastra Indonesia Universitas Diponegoro Semarang


Idol, lagi dan lagi drama dengan latar menelisik dunia idol kembali tayang. Castaway Diva tampil dengan sisi lain dunia idol yang membeberkan perjuangan gadis yang berasal dari pulau dan desa terpencil untuk meraih impiannya menjadi idol. 


Park Eun Bin aktris yang memerankan tokoh Seo Mok Ha gadis dengan gudang impian menjadi idol sejak kecil. Tokoh dengan karakter ceria, mudah bergaul, hingga mempunyai banyak teman ternyata hanyalah topeng yang ia kenakan.


Di rumah sosok Mok Ha adalah gadis kecil yang malang karena mendapatkan kekerasan fisik dari ayahnya yang merupakan orang tua tunggal pemabuk pula. 


Semua topeng bahagia telah ia gunakan hanya demi impiannya menjadi idol dengan identitas baru dan pergi dari kampung halamannya yang menyimpan segudang luka. 


Yoon Ran Joo (Kim Hyo Jin) sosok idol yang diidam-idamkan oleh Mok Ha. Suatu saat ia mendapatkan kesempatan untuk melakukan panggilan telfon yang dimuat di radio dengan Yoon Ran Joo. Naas, beberapa menit sebelum panggilan tersebut dimulai HP yang ia punya kehabisan baterai. 


Ki Ho sosok laki-laki pendiam, pintar dan dingin; satu-satunya siswa yang mempunyai HP dan Mok Ha meminta tolong untuk dipinjamkan HPnya. Terhitung beberapa menit setelah panggilan terhubung dan Mok Ha dapat berbicara dengan Ran Joo HP tersebut kembali dirampas oleh pemiliknya. 


Laki-laki yang kiranya akan menjadi musuh bebuyutan Mok Ha itu ternyata menjadi laki-laki pertama dan terakhir yang memberikan jalan untuk Mok Ha meraih impiannya. 


Ki Ho membantu Mok Ha untuk merekam gambar dirinya bernyanyi dalam lomba yang diadakan oleh agensi Yoon Ran Joo. Keduanya semakin mempunyai kedekatan yang intens. 


Di hari pengumpulan terakhir video lomba tersebut Mok Ha tak terlihat, ia bahkan tidak berangkat sekolah. Ki Ho dengan rasa curiganya menghampiri rumah Mok Ha yang berada di tepi pantai. 


Mendapati sosok Mok Ha yang menangis dengan luka lebam di tangannya menjadikan Ki Ho teringat dengan kisah hidupnya. Mereka sama-sama mendapatkan kekerasan fisik dari orang tua tunggal, ayah. 


Bak tersiram air garam pada luka baru, Ki Ho mendapati sosok ayahnya seorang polisi yang sedang mengatasi pengaduan dari Mok Ha terkait dengan kekerasan yang dialaminya. Ki Ho takut, ia sama sakitnya dengan Mok Ha. Tapi gadis itu lebih hebat pikirnya, ia dapat menyembunyikan segala sakit dengan topeng bahagianya. 


Sosok Ki Ho menjadi penyelamat untuk Mok Ha, ia membantu Mok Ha untuk keluar dari pulau kampung halamannya setelah mendapatkan kabar bahwa Mok Ha menang dalam perlombaan dan ia akan bertemu dengan idolanya Yoon Ran Joo. 


Perjalanan mereka sulit, Ki Ho harus merelakan dirinya dihajar habis-habisan oleh ayah Mok Ha demi menyelamatkan Mok Ha agar dapat menyebrangi laut tanpa sosok ayah yang akan mengancamnya. 


Lagi-lagi Mok Ha harus berjuang sendirian, ayahnya mengejar hingga masuk kapal dan akhirnya Mok Ha memilih terjun dari kapal hingga terdampar di suatu pulau terpencil.


Hidup bak tak ada artinya lagi, Mok Ha berjuang sendirian di pulau tak berpenghuni selama 15 tahun. Hingga akhirnya ia diselamatkan oleh Kang Woo Hak dan Kang Bo Gul. 


Kisah ini baru permulaan saja. Konflik belum dialami oleh tokoh Mok Ha dalam memperjuangkan impiannya menjadi Idol. Belum lagi sosok ayah Ki Ho yang masih mengincar dan mencari keberadaan Ki Ho dengan memantau Mok Ha. 


Drama ini telah meraih rating tinggi sebesar 5,2% dalam penayangan perdananya. Makin melonjak pada penayangan episode 4 dengan rating nasional 8,0% menurut Nielsen Korea. (06)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar