Bawaslu Jepara Terima Penghargaan, Predikat Informatif dalam Keterbukaan Informasi Publik - Soeara Moeria

Breaking

Kamis, 26 Oktober 2023

Bawaslu Jepara Terima Penghargaan, Predikat Informatif dalam Keterbukaan Informasi Publik

Terima penghargaan dari Bawaslu RI. 

Solo, soearamoeria.com - Bawaslu RI memberikan penghargaan kepada Bawaslu Kabupaten Jepara perihal keterbukaan informasi publik dengan predikat “Informatif”. 


Raihan penghargaan ini setelah Bawaslu RI melakukan monitoring dan evaluasi dari 35 Bawaslu  Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Terdapat rentang penilaian dalam penghargaan ini  yakni Informatif (87,5-100) Menuju Informatif (75-87,4), Cukup Informatif (60-74,9), Kurang Informatif (40-59,9) dan Tidak Informatif (< 39,9). 


Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko senang memberoleh penghargaan dari Bawaslu RI. Meski demikian ia tetap berkomitmen akan memberikan pelayanan terbaik untuk publik. 


Bawaslu Jepara senantiasa terbuka kepada masyarakat terkait informasi kepemiluan. Dengan keterbukaan informasi diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Demokrasi. Hal ini bertujuan agar tahapan pemilu ber kualitas, berintegritas dan bermartabat. 


“Dengan Bawaslu terbuka Pemilu terpercaya, Bawaslu Jepara dengan sepenuh hati memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” katanya. 


Sujiantoko mengapresiasi kepada Tim PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) dan seluruh jajaran sekretariat Bawaslu Jepara. Hal ini lantaran tim telah berkerja dengan sepenuh hati untuk memberikan pelayanan publik secara maksimal sehingga Bawaslu Jepara mendapatkan penghargaan kategori Informatif. 


Monitoring dan evaluasi oleh Bawaslu RI melalui E-Monev Website PPID dengan melakukan pengisian Self-Assessment Questionnaire (SAQ) dalam bentuk Aplikasi yang sudah disiapkan.  Monev ini bertujuan untuk memantau, mengidentifikasi, menginventarisasi permasalahan pelaksanaan keterbukaan informasi publik. 


Monev Bawaslu juga dalam rangka mengetahui umpan balik dan solusi permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik. 


Bawaslu Jepara telah melewati beberapa proses penilaian sehingga didapat predikat “informatif”. Penghagaan langsung diberikan pada Kegiatan Malam Penganugrahan Monev Keterbukaan Informasi Public Bawaslu Kabupaten/Kota Se Jawa Tengah di Solo (26/10/2023). 


Koordinator Divsi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Jepara Khomaru Zaman mengatakan turut berbahagia atas raihan prestasi Bawaslu Jepara. Pihaknya berusaha memberikan akses yang cukup dan mudah bagi masyarakat untuk memperoleh informasi yang diperlukan. 


Hal itu dilakukan agar masyarakat dapat ikut serta dalam melakukan pengawasan partisipatif dalam Pemilu. Selain itu keterbukaan publik agar masyarakat turut andi dalam pengambilan kebijakan dan mengambil keputusan yang tepat. 


“Kami senang dan berusaha memberikan pelayanan dan informasi public secara mudah,” ungkap Khomar. (ms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar