Situs Perahu Kuno Rembang Akan Dikembangkan Jadi Edupark - Soeara Moeria

Breaking

Rabu, 06 September 2023

Situs Perahu Kuno Rembang Akan Dikembangkan Jadi Edupark

Situs perahu kuno Rembang. (Foto: Theresia)

Rembang, soearamoeria.com - Tak hanya dijadikan sebagai situs bersejarah saja, situs Perahu Kuno hendak dijadikan sebagai tempat wisata berbasis sejarah dan pendidikan dalam konsep edupark. 


“Harapannya ketika wisatawan yang berkunjung ke situs Perahu Kuno ini belajar tentang situs budaya dan belajar tentang budaya kemaritiman itu tidak langsung pulang, namun ada paketan yang lain, kita sambung dengan edupark Situs Perahu Kuno ini,” ujar Mustofa pengelola Edupark Situs Perahu Kuno. 


Dikemukakan, pihak Desa Punjulharjo punya masterplan untuk edupark situs Perahu Kuno dan sekarang pun sedikit demi sedikit masih dalam proses pengembangan. Salah satu fasilitas yang ada di Edupark Situs Perahu Kuno, yaitu taman kelinci, lelenggahan ngangeni, cafe seroja, beberapa spot selfie, musala/tempat ibadah, toilet, parkir, dan panggung hiburan.


Tak hanya itu saja, proses pengembangan situs Perahu Kuno menjadi edupark semakin lengkap dengan adanya museum situs Perahu Kuno. Museum ini berisi tentang beberapa peninggalan dari Perahu Kuno dan beberapa infografis tentang Perahu Kuno dan seluruh Kabupaten Rembang.


Ditambahkan, respon dari masyarakat sekitar Desa Punjulharjo mayoritas setuju dengan adanya pengembangan konsep edupark di Situs Perahu Kuno. 


"Menurut masyarakat sekitar ini adalah konsep yang bagus untuk menarik wisatawan dan bisa dijadikan sebagai wisata edukasi untuk anak sekolah," pungkasnya. (th)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar