BKIM Jateng Periksa Kesehatan Mata Santri Al-Uswah - Soeara Moeria

Breaking

Selasa, 08 Agustus 2023

BKIM Jateng Periksa Kesehatan Mata Santri Al-Uswah

Kunjungan BKIM ke ponpes Al-Uswah Semarang.

Semarang, soearamoeria.com – Balai Kesehatan Indera Masyarakat (BKIM) Provinsi Jateng mengunjungi pondok Pesantren Al-Uswah Gunungpati Semarang, pada Selasa (8/8/2023). Kunjungan dilakukan dalam rangka pemeriksaan kesehatan mata santri. 


KH. M. Thoyyib Farchany, pengasuh pondok pesantren Al-Uswah mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada BKIM Jateng. 


“Kesehatan mata penting untuk kegiatan kita sehari-hari. Mengaji, nderes, sekolah dan aktivitas di pesantren berkaitan erat dengan mata. Maka kita wajib bersyukur atas apa yang telah diberikan gusti Allah kepada kita,” papar Abah Thoyyib. 


Dalam kegiatan bertajuk Penguatan Jejaring Rujukan Kesehatan Indera (kolaborasi Si Jala Indera dan Si Mata Jeli) hadir H. Tantowi Jauhari  Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Kota Semarang.


Panji Sukmo Umbaran bagian promosi kesehatan BKIM Jateng menyatakan kegiatan berfokus pada pemeriksaan gangguan penglihatan, kelainan refraksi berupa mata minus, plus dan silinder. 


“Berkaitan dengan prosedurnya, kalau mau menggunakan BPJS mendapat kacamata gratis. Kalau BPJS ada prosedurnya dari puskesmas atau dokter keluarga. Hal itu bisa dirujuk ke rumah sakit atau ke BKIM Jateng,” terang Panji. 


Ditambahkan, saat ini penggunaan kacamata adalah upaya terbaik untuk mengatasi refraksi mata. Ikhtiar tersebut merupakan cara yang paling mudah dan murah. 


"Bagi pengguna kacamata harus dipakai secara teratur agar tidak menambah beban kerja mata atau dalam kata lain memperparah keadaannya," terangnya. 


Kegiatan diikuti 80 santri dan 20 ustad pondok pesantren dan dibantu Kementerian Agama Kota Semarang. 


Kunjungan BKIM dilaksanakan di 9 titik. 7 di antaranya di  pesantren termasuk Pondok Pesantren Al-Uswah. Sedangkan 2 tempat dilaksanakan di wisma lansia. (mz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar