Halaqah Internasional, Wapres RI: Bangsa Indonesia Beruntung Miliki Sunan Kudus - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 22 Juli 2023

Halaqah Internasional, Wapres RI: Bangsa Indonesia Beruntung Miliki Sunan Kudus


Wapres RI, KH Ma'ruf Amin. (Foto: indotipikor.com)
Kudus, soearamoeria.com - Bangsa Indonesia beruntung karena memiliki tokoh ulama atau wali Raden Ja'far Shodiq (Sunan Kudus). Ia merupakan salah satu Walisongo yang telah berjasa dalam penyebaran agama Islam di Jawa Tengah dengan mengedepankan pendekatan kultural.


Demikian yang disampaikan oleh wakil presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), KH Ma'ruf Amin saat menghadiri Halaqah Internasional "Peradaban Walisongo untuk Kemanusiaan yang Adil dan Beradab" di Gedung Menara Kudus pada Sabtu malam (22/07/2023), melalui zoom meeting yang disaksikan ratusan peserta halaqah.


Kiai Ma'ruf mengatakan misi ajaran Islam yang Rahmatan Lil 'Alamin yang diusung oleh Sunan Kudus mampu mengantarkan Islam sehingga dapat diterima dan berkembang di Indonesia dengan cara-cara yang damai, bukan dengan paksaan ataupun perang.


Bangunan Masjid Menara Kudus yang memiliki simbol Hindu dan Budha menjadi bukti sejarah yang menunjukkan besarnya toleransi dan penghormatan Sunan Kudus terhadap agama yang dianut oleh mayoritas penduduk setempat waktu itu.


"Kebijakan, kebijaksanaan, dan kelembutan dalam berdakwah ini menjadikan Islam hadir di tanah Kudus berdampingan dengan keyakinan yang lain," tutur Kiai Ma'ruf.


Kiai Ma'ruf menambahkan bahwa nilai-nilai Islam yang diajarkan oleh Sunan Kudus menjadi falsafah hidup warga lokal. Falsafah ini terus dijunjung, meski telah berusia ratusan tahun. Falsafah yang dikenal sebagai Gusjigang ini merupakan singkatan dari bagus perilakunya, pintar mengaji, dan bisa berdagang.


Kiai Ma'ruf menilai falsafah ini terus relevan, untuk menginspirasi hidup masyarakat, terutama generasi muda. Wakil Presiden RI itu juga berharap agar generasi muda muslim di seluruh Indonesia bisa menjadi generasi yang Gusjigang, yaitu generasi yang terus mendalami ilmu agama dan mengamalkannya dalam kehidupan, memiliki akhlak mulia, serta menguasai ilmu pengetahuan teknologi dan kewirausahaan.


"Kudus merupakan daerah yang memiliki tradisi kewirausahaan yang menonjol. Hal ini terlihat, dari maraknya aktivitas ekonomi di Kabupaten Kudus sehingga Kudus termasuk ke dalam 3 besar wilayah penopang ekonomi di Jawa Tengah," ungkapnya. (as)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar