Membanggakan, Pegiat Griya Peradaban Raih Emas di Ajang World Young Inventors Exhibition Malaysia - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 13 Mei 2023

Membanggakan, Pegiat Griya Peradaban Raih Emas di Ajang World Young Inventors Exhibition Malaysia

3 mahasiswa UIN peraih medali emas. 

Semarang, soearamoeria.com - Tiga mahasiswa raih medali emas di ajang World Young Inventors Exhibition di Kuala Lumpur Convention Centre (KLCC), Malaysia pada 11-13  Mei 2023.


Ketiga mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa Teknologi Informasi (TI) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Tim yang dinamakan Tim ByShare ini terdiri dari Khoirul Adib, M. Naufal Muhadzdzib Al- Faruq, dan Abdullah Isbarul Fahmi dengan pembimbing Wenty Yuniarti dan Nur Khasanah. 


Di antara ketiga mahasiswa tersebut, keduanya yaitu Khoirul Adib dan M. Naufal Muhadzdzib Al- Faruq merupakan pegiat Griya Peradaban. 


Acara yang diikuti oleh 19 negara ini terdiri dari 730 peserta yang diselenggarakan oleh International Invention Innovation & Technology Exibition (ITEX). ITEX merupakan sebuah platform internasional untuk para peneliti memamerkan inovasi dan penemuannya.


M. Naufal Muhadzdzib Al-Faruq, salah satu anggota tim menjelaskan asal mula berani mengajukan inovasi ByShare yaitu keinginan dalam diri membawa inovasi gerakan sosial untuk berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan dengan konsep Zero waste. Selain itu juga mereka berprinsip selaku mahasiswa untuk selalu mengukir prestasi. 


"Latar belakangnya yaitu, keinginan kami untuk membawa inovasi kami, yaitu ByShare ke masyarakat luas di seluruh dunia. ByShare sendiri merupakan sebuah inovasi gerakan sosial untuk berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan, dengan konsep zero waste. Selain itu, sudah selayaknya kami selaku mahasiswa untuk selalu mengukir prestasi karena hal itu merupakan salah satu visi mahasiswa UIN Walisongo. Sebab dengan adanya prestasi ini dapat menunjukkan kepada dunia bahwa mahasiswa UIN Walisongo juga mampu bersaing di kancah internasional," tuturnya 


Ajang kompetisi yang bertaraf internasional ini ternyata memakan waktu kurang lebih 3 bulan untuk pembuatan inovasi ByShare. Hal ini tentu mengundang rasa bangga bagi para pegiat Griya Peradaban. 


Selaku salah satu pegiat Griya Peradaban sekaligus ketua tim, Khoirul Adib mengungkapkan harapannya untuk bisa selalu berinovasi dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. 


"Harapanya semoga temen temen yang ada digriya perdaban bisa selalu berinovasi dan meningkatkan kolaborasi untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat," tambahnya. 


Pihaknya merasa bangga dapat kembali mengukir prestasi di ajang internasional, karena mengukir prestasi merupakan salah satu visi mahasiswa UIN Walisongo. 


"Dan dengan adanya prestasi ini, kami ingin menunjukkan kepada dunia bahwa mahasiswa UIN Walisongo juga mampu bersaing di kancah internasional," pungkasnya. (za)

1 komentar: