Angkat Pesta Lomban, SMK Fadlun Nafis Bangsri Jepara Raih Juara 1 Lomba Reportase - Soeara Moeria

Breaking

Selasa, 09 Mei 2023

Angkat Pesta Lomban, SMK Fadlun Nafis Bangsri Jepara Raih Juara 1 Lomba Reportase

Terima piala juara 1 lomba reportase. 

Jepara, soearamoeria.com - Gelar juara pertama lomba reportase tingkat nasional berhasil diraih siswa SMK Fadlun Nafis Bangsri Jepara. Tak cukup itu, siswa SMK Fadlun Nafis juga mendapatkan juara ketiga dalam Lomba yang diadakan LPM Ekonomika FEB Unisnu Jepara tersebut. Adapun juara kedua direbut siswa MA NU Tengguli.


Tema yang diusung dalam lomba tersebut adalah ’’Meningkatkan Insan Jurnalis yang Berkualitas Melalui Optimalisasi Media’’ sehingga diwujudkan dalam berupa kemampuan menyusun reportase dan juga penyajian dalam berupa video. Proses pendaftaran serta pengumpulan karya maksimal 30 April dilanjutkan penilaian pada 1 sampai 5 Mei dan diumumkan akhir pekan kemarin.


Ketua Ekstrakurikuler Jurnalistik SMK Fadlun Nafis Najwa Maria Habibah menjelaskan, pihaknya ikut dua tim karena potensi anggota mencukupi. Sebab, satu tim berjumlah maksimal tiga siswa. 


’’Arahan dari pembina ikut dua karena untuk mengasah lebih banyak anggota jurnalistik. Alhamdulillah malah dua tim ini mendapat prestasi,’’ tuturnya.


Dia menambahkan, SMK Fadlun Nafis memilih meliput tema kearifan lokal berupa pesta lomban Jepara yang dilangsungkan satu pekan setelah Idulfitri yang tahun ini diadakan pada 29 April lalu. Tema yang lain adalah wisata dengan memiliki lokasi yang belum popular yakni liputan Air Terjun Kiai Buku di Desa Damarwulan, Keling, Jepara.


’’Liputan Pesta Lomban berhasil menjadi juara pertama dan yang liputan Air Terjun Kiai Buku meraih juara ketiga. Selain itu, kami juga sempat meliput acara Festival Tongtek yang diadakan di Krakyak Lor Jepara. Namun, karena teknis suara dan pencahayan maksimal akhrinya kami memilih tidak mengikutkan hasil liputan itu,’’ tuturnya.


Adapun Pembina Ekstrakurikuler Jurnalistik SMK Fadlun Nafis Akhmad menjelaskan, capaian ini semoga bisa menambah motivasi anggota untuk lebih giat belajar dan praktik dalam dunia menulis. 


’’Kegiatan kami adalah berkarya secara ofline berupa majalah dinding dan juga berupa online berupa pembuatan video reportase yang diunggah di media social,’’ katanya.


‘’Satu tim yang meraih juara diketuai Najwa Maria Habibah kemudian yang meraih juga ketiga diketuai Canda Amilayul,’’ sambung Akhmad.


Kepala SMK Fadlun Nafis Naning Rahayu mengapresiasi atas capaian prestasi itu. Dia berharap prestasi itu tidak membuat siswa cepat berpuas diri.


’’Semoga bisa terus ditingkatkan belajarnya dan bisa diteruskan adik-adik angkatannya," harapnya. (ip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar