Vakum Lama, Pemdes Geneng Jepara Kembali Gelar Festival Pangangon untuk Jaga Kearifan Lokal - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 29 April 2023

Vakum Lama, Pemdes Geneng Jepara Kembali Gelar Festival Pangangon untuk Jaga Kearifan Lokal

Pemdes Geneng gelar festival pangangon. 

Jepara, soearamoeria.com – Pemerintah Desa Geneng Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara menggelar Festival Pangangon pada Sabtu (29/4/2023) bertempat di Setunjung Desa Geneng.


Festival pangangon merupakan agenda pertama kali setelah puluhan tahun tidak terlaksana. Pemerintah desa berusaha mengangkat kembali tradisi yang pernah hilang. 


Lomba menghias serta pengobatan ternak menjadi acara inti dari festival pangangon yang bertepatan tujuh hari setelah hari raya idulfitri.


Petinggi Desa Geneng, Dwi Bambang Hermawan mengatakan bahwa festival pangangon adalah momentum silaturahmi seluruh warga desa geneng dan doa bersama dalam rangka melestarikan kearifan lokal. 


“Pemerintah desa mengadakan kegiatan ini tak lain dan tak kurang untuk momentum silaturahmi dari para peternak dan doa bersama,” ujar beliau dalam sambutannya. 


Ketua KPK (Kelompok Peternak Kambing), Sodikin mengemukakan festival pangangon yang diadakan cukup ramai dalam melestarikan adat istiadat dan harus diadakan setiap tahun


“Acara yang baru diadakan ini termasuk ramai. Kita sebagai generasi penerus harus mau melanjutkan adat ini dan harus diadakan setiap tahun,” ujarnya. 


Kegiatan festival pangangon ditutup oleh lantunan grup kasidah modern Assyifa dari Jepara. (as)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar