Sosialisasikan Perda 7 Tahun 2019, KMDJ Bagikan Ratusan Takjil - Soeara Moeria

Breaking

Minggu, 09 April 2023

Sosialisasikan Perda 7 Tahun 2019, KMDJ Bagikan Ratusan Takjil

 

KMDJ bagikan ratusan takjil untuk pengguna jalan. 

Jepara, soearamoeria.com - Komunitas Motor Difabel Jepara (KMDJ) mempunyai cara unik untuk menyosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) nomor 7 tahun 2019 tentang penyandang disabilitas. Mereka berkumpul untuk berbuka  puasa bersama di jalur pedestrian Jalan Pemuda Jepara yang telah memberi aksesilitas kepada penyandang difabel berkursi roda.


“Sebagai bentuk rasa syukur adanya fasilitas umum yang akses kepada difabel, pada hari ini Minggu, 9 April 2023, kami mengadakan buka puasa bersama dan membagikan takjil bagi pengendara kendaraan bermotor,” kata Faisol, koordinator kegiatan buka bersama dan berbagi takjil KMDJ. 


“Kegiatan ini juga merupakan cara kami memperingati Hari Jadi Jepara yang ke-474. Kami ingin mengingatkan semua pihak agar keberadaan difabel diakui di tengah masyarakat. Apalagi menjelang Pemilihan Umum tahun 2024, kami berharap penyelenggara pemilu memberikan sosialisasi dan akses yang cukup bagi penyandang difabel,” ujar Faisol yang sejak 15 tahun lalu menyandang difabel paraplegia.


“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan kami, terutama Bapak Fathan Subchi, anggota komisi XI DPR RI dan Bapak Ulil Albab tenaga Ahli DPR RI yang telah memberikan 300 paket takjil. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada pihak kepolisian dari Polsek Kota Jepara yang telah mengatur lalu lintas selama kami membagikan takjil," lanjut Faisol.


Ia juga berterima kasih kepada beberapa komunitas yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, yakni: Aliansi Menuju Indonesia Inklusi Difabel (ami.id), Perkumpulan Difabel Jepara Tataning Bumi (DJT), Komunitas Je.paraplegia, Ikatan Tuli Jepara (ITJ) dan Komunitas Bahasa Isyarat Jepara.


Sementara itu, sesepuh KMDJ Ahmad Subarno merasa beruntung bisa terlibat dalam buka bersama dan membagikan takjil. Pria berusia 73 tahun ini dengan semangat membagikan takjil kepada pengendara yang lewat.


“Baru kali ini saya terlibat pembagian takjil di pusat kota Jepara. Kegiatan kepedulian kepada sesama ini saya harapkan bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Mudah-mudahan dengan berkah ramadlan, KMDJ makin maju dan berkembang untuk memberikan akses dan kemudahan transportasi bagi difabel,” ujar Mbah Barno, panggilan akrab pria yang tinggal di Saripan Jepara.


Ia berharap agar semua anggota KMDJ diberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah puasa ramadan, sehingga pada akhirnya bisa meraih kemenangan di hari kemenangan idulfitri.


“Mari kita satukan niat, satukan hati dan satukan tekad untuk meraih kemenangan di bulan suci, hingga bisa berlebaran di hari idulfitri,” pungkas Mbah Barno. (za)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar