Sanggar Sangku Lokananta Gelar Pelatihan Batik Eco Print - Soeara Moeria

Breaking

Minggu, 30 Oktober 2022

Sanggar Sangku Lokananta Gelar Pelatihan Batik Eco Print

Batik karya peserta pelatihan. (Foto: Istimewa)

Jepara, soearamoeria.com – Sanggar Sangku Lokananta Jepara menggelar Pelatihan Batik Eco Print yang berlangsung di Balai Desa Mindahan Kidul Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara, Minggu (30/10/2022). Kegiatan yang diikuti 50 peserta menghadirkan dua narasumber Sri Sulistyowati dan Mhfarikhatun Nikmah. 


M Nor Arif Afendi, Ketua Sanggar Sangku Lokananta mengatakan pelatihan batik eco print merupakan salah satu keinginan memunculkan potensi yang dimiliki masyarakat Mindahan Kidul. Tujuannya untuk penguatan ekonomi produktif. “Di samping itu memunculkan kreativitas sebagai upaya perncegahan terjadinya konflik sosial di tengah masyarakat,” jelasnya. 


Pasca pelatihan lanjut Arif peserta diberikan 1 kain potong berukuran 200 x 110 cm untuk dibuat batik eco print dan shibory. “Hasilnya nanti akan dipamerkan pada puncak Pekan Seni dan Budaya Desa Mindahan Kidul pada 24 – 26 November mendatang,” tambahnya. 


Ke depan pihaknya berharap batik eco print dan shibory bisa dikembangkan masyarakat. “Misalnya PKK Desa Mindahan Kidul,” sebutnya. 


Sri Sulistyowati salah satu narasumber mengungkapkan kegiatan tersebut positif karena bertujuan meningkatkan ekonomi produktif. “Hasil dari kegiatan ini nanti ibu-ibu, mas-mas dan mbak-mbak, bisa membuat kelompok untuk mengembangkan lebih baik lagi. Hasil dari pelatihan batik eco print dan batik shibory, meskipun tidak beruang, tapi bisa menghasilkan uang,” tandasnya. 


Kegiatan pelatihan juga diisi penyerahan bantuan kearifan lokal dari Kementerian Sosial RI yang merupakan aspirasi H. Abdul Wahid, anggota DPR RI. (sm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar