Gandeng UIN Walisongo, KKMTs 02 Gelar Pelatihan Media Pembelajaran Bahasa Arab - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 27 Agustus 2022

Gandeng UIN Walisongo, KKMTs 02 Gelar Pelatihan Media Pembelajaran Bahasa Arab

KKMTs 02 gelar pelatihan media pembelajaran. (Subekhan)

Jepara, soearamoeria.com - Dalam rangka meningkatkan capacity building guru bahasa Arab Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) 02 Jepara bekerja sama dengan UIN Walisongo Semarang, dan LPTNU Jepara mengadakan pelatihan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Pelatihan yang diikuti guru bahasa Arab di bawah KKMTs 02 Jepara tersebut digelar di Pusat Kegiatan Guru, aula 2 LP Maarif Jepara, Sabtu (27/8/2022). 


Hadir dalam acara Ketua KKMTs 02 Mualimin, Ketua LPTNU Jepara sekaligus tim UIN Walisongo H. Ahmad Maghfurin, dan Sekretaris LPTNU H. Zulham.


Dalam pelatihan yang membedah metodologi pembelajaran bahasa Arab hadir tiga narasumber dari Pusat Pengembangan Bahasa UIN Walisongo Alis Asikin, Rohani, dan Ahmad Maghfurin.


Ketua KKMTs 02 Mualimin menuturkan bahwa kegiatan pelatihan adalah bagian dari capacity building guru -guru KKMTs 02 Jepara. "Kami terus mengadakan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi, seperti Unnes, Upgris, Unisnu, dan kali ini dengan UIN Walisongo dalam rangka peningkatan kompetensi guru-guru di bawah naungan KKMTs 02 Jepara,” jelasnya. 


Peserta mengikuti pelatihan dengan khidmat. 

Selain itu pihaknya juga mengadakan desiminasi penulisan  soal literasi dan numerasi berstandar Asasemen Kompetensi Minimum (AKM) agar guru-guru memiliki kompetensi di bidangnya dan dapat menjawab tantangan pendidikan. “Kami berharap agar guru-guru kita kompeten, ikhlas, dan memiliki strategi dan metodologi dalam pembelaran sehingga siswa-siswi dapat mengikuti pembelajaran dengan semangat dan menyenangkan," tuturnya.


Ditambahkan, dengan pelatihan media pembelajaran bahasa Arab ini diharapkan guru-guru memiliki kompetensi dalam bidang metodologi dan penggunaan berbagai media sehingga pembelajaran bahasa Arab lebih menarik, menyenangkan, dan dapat tuntas sesuai dengan tuntutan kurikulum.


Sementara itu Ahmad Maghfurin, perwakilan dari UIN Walisongo menyampaikan bahwa UIN Walisongo Semarang terbuka dalam menjalin kerja sama dengan KKMTs 02 Jepara. "Kami sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dengan KKMTs 02 Jepara dalam semua mapel, tidak hanya dalam mapel Bahasa Arab, karena kegiatan seperti ini merupakan pengejawantahan dari tiga tugas perguruan tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Masyarakat dalam hal ini adalah para guru di madrasah," sambungnya. (sb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar