Gandeng KPI UNISNU, SMK Az Zahra Mlonggo Gelar Workshop Film Pendek - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 20 Agustus 2022

Gandeng KPI UNISNU, SMK Az Zahra Mlonggo Gelar Workshop Film Pendek


SMK Az Zahra gelar workshop film pendek. (Foto: Nikmatus S.)
Jepara, soearamoeria.com - SMK Az Zahra Mlonggo Jepara menyelenggarakan Worshop Film Pendek yang berlangsung di aula SMK, Sabtu (20/8). Bekerja sama dengan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara, kegiatan yang melibatkan 36 siswa jurusan Broadcasting itu bertujuan untuk memperkenalkan bagaimana produksi film pendek dari mulai proses ide hingga pasca produksi kepada siswa.


Workshop yang berlangsung sehari dibuka langsung oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Ahmad Muzaiyin. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan membekali siswa dalam membuat film. 


“Semoga dengan adanya kegiatan ini siswa bisa lebih terpacu lagi semangatnya untuk berkreasi dan berinovasi melalui produksi film,” harap guru yang akrab disapa Zayyin.


Sementara itu, Ketua Prodi KPI UNISNU, Khoirul Muslimin menyebutkan, kegiatan workshop dilaksanakan menggunakan metode project based melalui lima tahapan. Yakni pemaparan materi mengenai teknik pembuatan film, praktik pengambilan video, review hasil pengambilan video yang telah dibuat, evaluasi, dan pengumpulan produk.


Siswa ikuti workshop dengan khidmat. 

“Jadi, targetnya adalah siswa tidak hanya memahami teknik pembuatan dan produksi film saja. Tetapi, mereka juga mampu mewujudkannya dalam produk film dokumenter,” tekannya.


Sambutan positif juga disampaikan oleh Ketua Jurusan Broadcasing SMK Az Zahra, Ahmad Robbit Himami. Pihaknya menyatakan bahwa film pendek merupakan salah satu jenis film yang sedang tersorot dalam beberapa tahun ini. Karenanya, kegiatan tersebut sangat penting untuk membekali siswa agar bisa turut berkontribusi memajukan dunia perfilman Indonesia.


“Kedepannya, saya berharap siswa bisa lebih kreatif dalam mengerjakan karya visual dan menekuninya menjadi seorang content creator,” pungkasnya. 


Bersamaan dengan workshop juga dilakukan penyerahahan dokumen kerja sama antara kedua pihak. Dari SMK Az Zahra Mlonggo diwakili Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Ahmad Muzaiyin, dan Kepala Sekolah bidang Hubungan Masyarakat dan Hubungan Industri Kingkin Wuryandari. Sementara dari pihak Unisnu hadir Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Abdul Wahab, dan Ketua Prodi KPI Khoirul Muslimin. (ns)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar