Dosen dan Mahasiswa Unisnu Dampingi KUBE - Soeara Moeria

Breaking

Rabu, 10 Agustus 2022

Dosen dan Mahasiswa Unisnu Dampingi KUBE

Dosen dan mahasiswa dampingi KUBE Barokah 4. 

Jepara, soearamoeria.com - Tim pengabdian kolaborasi dosen dan mahasiswa Universitas Islam Nahdhatul Ulama (Unisnu) Jepara yang terdiri dari Ahmad Fauzan Mubarok, Zahrotun Nafisah, Izza Kholilah, dan Ika lailatun Nikmah melakukan pendampingan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Barokah 4 Kelurahan Saripan Kabupaten Jepara pada Rabu (10/8/2022). 


KUBE Barokah 4 merupakan kelompok mustahik zakat produktif di Kelurahan Saripan, Jepara. Pendampingan dilakukan setelah dijumpai beberapa permasalahan pada kelompok mustahik di antaranya pada bidang administrasi, aset, pemasaran dan kurangnya sumber daya manusia di bidang karyawan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim pengabdian memberikan edukasi melalui serangkaian workshop dan pelatihan kepada kelompok mustahik.

  

Workshop dan pelatihan dikemas semi formal dihadiri ibu-ibu yang tergabung dalam KUBE Barokah 4 yang mempunyai usaha bervariasi mulai dari bubur, warung nasi rames, angkringan, toko kelontong, dan juga nasi pecel. 


Rangkaian acara dimulai pukul 10.00 WIB. Materi yang pertama disampaikan oleh Zahrotun Nafisah mengenai sistem bisnis syariah, strategi pemasaran, sekaligus  memberikan motivasi kepada kelompok mustahik untuk mengembangkan usahanya. 


Materi kedua disampaikan oleh Fauzan Mubarok yang meliputi pengelolaan modal usaha, serta manajemen usaha dan sumber daya manusia. Ibu-ibu kelompok KUBE Barakah 4 diajari untuk membukukan hasil penjualan mereka untuk dapat mengetahui keuntungan yang didapatkan. 


Salah satu anggota KUBE, Mimin menyampaikan pelatihan tersebut dibutuhkan karena biasanya uang hasil jualan tidak dicatat sehingga tidak tahu untung atau ruginya. “Dengan adanya pendampingan lanjutnya membuat mereka tahu bagaimana merencanakan keuangan usaha,” pungkasnya. (hn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar