Mahasiswa Unisnu Dampingi Digital Marketing UMKM - Soeara Moeria

Breaking

Senin, 25 Juli 2022

Mahasiswa Unisnu Dampingi Digital Marketing UMKM

 

Mahasiswa dampingi digital marketing UMKM. (Foto: Izza)
Jepara, soearamoeria.com - Mahasiswa KKN Unisnu Jepara angkatan XIII Kelompok 24 memberikan Pendampingan digital marketing kepada UMKM di Desa Kalipucang Kulon melalui marketplace Tokopedia. 


Kegiatan itu merupakan program pengabdian berbasis kemitraan yang diinisiasi oleh Tim KKN Unisnu dengan salah satu UMKM di Desa Kalipucang Kulon yaitu CV. Rotan Indah Jepara. Kegiatan pendampingan dan pengembangan UMKM ini  bertujuan agar penjualan furnitur rotan meningkat serta pelanggan semakin banyak yang repeat order.


Banyaknya UMKM di Desa Kalipucang Kulon membuat perekonomian di desa tersebut cukup maju. Namun di masa pemulihan ekonomi pasca Covid-19 ini banyak UMKM yang masih perlu beradaptasi dengan keadaan. Sehingga perlu adanya pendampingan untuk meningkatkan perekonomian Desa Kalipucang Kulon.


Kegiatan diluncurkan pada Senin (25/07/2022) sesaat setelah penerjunan KKN. Sepekan sebelum penerjunan, telah dilakukan observasi ke lokasi mitra yaitu CV. Rotan Indah Jepara yang bergerak dalam bidang furnitur rotan.  Untuk mengetahui berbagai permasalahan dan kendala yang dialami seputar dunia marketing tim KKN Unisnu melakukan wawancara terstruktur terhadap mitra.


"Jujur saja saya tidak mempunyai skill marketing, karena dunia marketing itu kan luas jadi saya tidak menguasai seluruhnya. Yang biasa saya lakukan hanya mengunggah foto produk hasil jepretan kamera HP ke Instagram dan Facebook tapi belum terkonsep dan tertata rapi. Dan saya juga belum mempunyai akun Tokopedia seperti rekan-rekan bisnis saya yang lainnya," kata Nawiruddin selaku pemilik CV. Rotan Indah Jepara. 


Berangkat dari masalah tersebut, Tim KKN berinisiatif untuk membuat program kerja dalam kegiatan pendampingan ini, di antaranya; pendampingan dalam pembuatan dan pengelolaan marketplace Tokopedia, pembenahan feed instagram dan fanspage di Facebook, pembuatan logo, editing foto produk sampai pembuatan katalog mebel dan handy craft CV. Rotan Indah Jepara. 


Salah satu program untuk menunjang kegiatan pendampingan UMKM, Mahasiswa KKN UNISNU Angkatan XIII Kelompok 24 berkolaborasi dengan kelompok KKN 4 Desa yang ada di Kecamatan Welahan yaitu Desa Kalipucang Kulon, Kalipucang Wetan, Bugo dan Guwosobokerto untuk mengadakan Pelatihan Bussiness Model Canvas (BMC), Digital Marketing dan Packaging yang difasilitasi oleh Dosen Manajemen Marketing Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unisnu diikuti oleh UMKM di Kecamatan Welahan. 


"Saya sangat senang didampingi tim KKN Unisnu, saya jadi tau perkembangan ilmu marketing dan tidak stagnan, karena saat saya kuliah belum ada dan sekarang ada tambahan ilmu baru," Owner CV. Rotan Indah Jepara Muhammad Nawirudin. 


Nawirudin berharap agar ada follow up meskipun KKN di Desa Kalipucang Kulon sudah berakhir. "Saya berharap setelah program ini berakhir tetap ada kerja sama yang kontinyu, tidak putus silaturahmi dan syukur-syukur kalau dari teman - teman KKN Unisnu ada yang jadi reseller kami," pungkasnya. (iz) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar