Kelompok Tani Dilatih Buat Pupuk Organik - Soeara Moeria

Breaking

Jumat, 24 Juni 2022

Kelompok Tani Dilatih Buat Pupuk Organik

 

Praktik membuat pupuk organik. (Foto: Istimewa)
Jepara, soearamoeria.com - Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Mitra Karya Jepara mengadakan pelatihan pupuk organik berupa pembuatan pupuk organik kompos dan pupuk organik cair bagi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Sejati bertempat di halaman Makam Mbah Demang Desa Demangan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara pada Jum'at (24/6/2022).


Pelatihan diikuti oleh 50 orang petani, wanita tani, pemuda tani dan petani milenial anggota poktan Tani Sejati 1, 2, 3, 4 Desa Demangan dan dihadiri oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Tahunan.


Pelatihan yang dibiayai dengan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Desa (APBDes) Demangan tahun 2022 dimaksudkan untuk mengatasi kelangkaan pupuk kimia bersubsidi maupun non-subsidi yang selama beberapa musim tanam sering menghantui petani.


Petinggi Demangan, Naim mengungkapkan bahwa pelatihan ini dilaksanakan untuk mengatasi kelangkaan pupuk kimia urea, phonska dan pupuk lainya yang selama ini dikeluhkan petani di desa Demangan.


“Kami berharap hasil dari pelatihan pembuatan pupuk organik ini nantinya mampu mengurangi kelangkaan pupuk, ketergantungan terhadap pupuk kimia dan pada gilirannya bisa membangun kemandirian petani dalam pengolahan lahan, pemupukan organik yang sehat dan pertanian yang ramah lingkungan,” katanya.


Pihaknya berharap suatu saat budidaya pertanian organik di Desa Demangan ini bisa berkelanjutan dan menghasilkan tanaman pangan yang sehat  serta bebas dari bahan kimia”.

.

Kelompok tani ikuti pelatihan membuat pupuk organik.
Sementara itu, Ketua P4S Mitra Karya Jepara, Abdul Roub dalam paparannya mengungkapkan manfaat penggunakan pupuk organik, antara lain meningkatkan aktivitas organisme dan biota yang ada dalam tanah, meningkatkan cita rasa dan kandungan gizi hasil produksi padi, sayuran dan buah-buahan serta membuat tanah menjadi lebih sehat, dan kaya unsur hara tanah.


“Dengan pupuk organik juga dapat meningkatkan daya tahan tanaman dari serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) dan memperpanjang unsur simpan hasil produksi pertanian serta meminimalisir dampak erosi tanah pertanian,” ujar Roub yang juga Ketua DPC Gerbang Tani Kabupaten Jepara.

.

Lebih lanjut pihaknya berharap dukungan pemerintah Desa Demangan terhadap pertanian organik ini bisa ditiru dan dikembangkan oleh desa lainnya di Kabupaten Jepara. 


“Sesuai peraturan Kementerian Desa, mestinya 20 % anggaran Dana Desa bisa dialokasikan untuk program ketahanan pangan, pengembangan pertanian terpadu (integrated farming), lumbung pangan masyarakat (LPM) yang pada gilirannya bisa memperkuat kedaulatan pangan di desa dan menjadi bagian dari kegiatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” ujarnya.


P4S Mitra Karya lanjutnya sudah mendampingi pertanian terpadu di beberapa desa, antara lain Kawak, Lebak (Pakis Aji), dan Kepuk (Bangsri). (za)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar