Mahasiswa KKN UIN Walisongo Desa Medayu Semarang Bantu Warga di Posyandu - Soeara Moeria

Breaking

Rabu, 19 Januari 2022

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Desa Medayu Semarang Bantu Warga di Posyandu

Mahasiswa KKN Bantu kegiatan Posyandu. (Foto: Alfian)

Semarang, soearamoeria.com – Pada Rabu (19/1/2022) dilaksanakan Pos pelayanan terpadu (posyandu) untuk warga lanjut usia (50 tahun ke atas) dan ibu dengan anak balita. Posyandu diadakan di salah satu rumah warga di Dusun Geneng Desa Medayu Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh petugas Posyandu dan dibantu anggota kelompok 40 KKN UIN Walisongo Semarang yang bertepatan dengan program kerja dari kelompok KKN itu. Beranggotakan 15 orang, para peserta KKN turut melaksanakan tugas-tugas yang ada pada proses pelaksanaan Posyandu.


Kegiatan diawali dengan mencuci tangan, mengisi daftar hadir. Dilanjutkan dengan pengecekan berat badan, tinggi badan, lebar lingkar perut, tekanan darah, dan cek gula darah. Ada pula kegiatan senam yang dikhususkan untuk lansia. 


Bidan desa Laeli Fauziyah mengatakan kegiatan berisi pengarahan dan imbauan gizi seimbang pada anak yang disampaikan ibu dan balita. Sedangkan untuk lansia lanjut Laeli berisi arahan pola hidup sehat. 


“Kegiatan Posyandu ini sangat penting bagi masyarakat sebagai sarana kontrol dan pelayanan untuk lansia dan balita,” lanjutnya.


Pihaknya menambahkan di masa-masa transisi seperti sekarang ini sangat diperlukan pengawalan masyarakat untuk mencegah benih-benih penyakit tumbuh di antara masyarakat dan juga mewaspadai Covid-19 yang semakin hari semakin bermutasi. 


Didampingi Istiqomah yang juga bidan desa, Laeli juga memaparkan Pola Hidup Sehat dan Bersih (PHBS). “Pola hidup sehat yang dimaksud seperti menjaga pola makan, olahraga setiap hari, menghindari makanan berkolesterol tinggi dan makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah,” tambahnya. 

 

Kesempatan itu juga pihaknya memberikan obat untuk warga yang mempunyai keluhan, di antaranya asam urat tinggi, gejala maag, dan kolesterol tinggi. Adapun untuk warga dengan angka gula darah tinggi (lebih dari 200) dirujuk ke Puskesmas terdekat.


Perwakilan KKN Desa Medayu, Rahman menyatakan siap mengawal Posyandu. “Kami anggota KKN UIN Walisongo akan ikut andil dalam pengawalan di lokasi dengan berkolaborasi kegiatan Posyandu khususnya sehingga hal-hal yang diinginkan oleh Posyandu bisa lebih efektif tercapai,” pungkasnya. (az)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar