Pengusaha Sukses Hasil Jualan Lele - Soeara Moeria

Breaking

Minggu, 12 Desember 2021

Pengusaha Sukses Hasil Jualan Lele

 

Lele hasil budidaya Angga. (Foto: Elang Chandra Ermanu)
Pati, soearamoeria.com - Kesuksesan usaha merupakan kebanggan tersendiri. Sebuah pencapian yang sangat spektakuler. Apalagi bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri. Pencapaian tersebut tidak mudah didapatkan. Di balik itu semua ada proses yang sangat melelahkan pastinya.


Pengusaha muda di Pucakwangi Pati ini mengawali ide bisnisnya untuk berjualan lele konsumsi yang diternak saat masih menjadi bibit.


Menurutnya usaha lele konsumsi sebenarnya memiliki penghasilan yang dapat mengembalikan modal. Lele konsumsi sangat diminati bagi masyarakat sekitar apalagi untuk rumah makan pinggir jalan. Awalnya usaha ini hanya untuk percobaan karena mendapatkan hasil yang lumayan jadinya dilanjutkan.


“Pertama kali hanya memiliki satu kolam saja yang saya buat secara sederhana menggunakan bambu dan terpal, dan Alhamdulillah sekarang memiliki beberapa kolam,” ujar Angga, Minggu (12/12/2021).


Angga (21) juga mengatakan usaha seperti ini membutuhkan modal yang cukup besar. Untuk beli bibit lele itu sekitar seratus lima puluh ribu sedangkan untuk pakannya sendiri yang cukup mahal mencapai lima ratus ribu rupiah untuk satu bulan. Hasil penjualan lele konsumsi dapat mengembalikan modal usaha yang dikeluarkan. 


“Awal mula belajar untuk ternak lele ini dari tetangga rumah yang merupakan teman tongkrongan, dari sana saya belajar untuk memiliki usaha sendiri. Alhamudlillah berjalan dengan baik,” tambahnya. 


Kendala dalam ternak lele ini adalah sesama ikan lele saling memakan karena mereka hewan omnivora jadi banyak bibit yang mati. Kolamnya yang mudah kotor jadi lelah untuk menguras kolam. Cara mengatasinya dengan cukup memindahkan bibit lele yang masih anakan ke kolam yang lain. (ec)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar