Desa Mitra KMJS Jilid 3, Dorong Kemajuan Ekonomi Masyarakat - Soeara Moeria

Breaking

Minggu, 03 Oktober 2021

Desa Mitra KMJS Jilid 3, Dorong Kemajuan Ekonomi Masyarakat

 

Desa Mitra jilid 3 di Desa Tanjung Jepara. (Foto: Diah Kurnia)
Jepara, soearamoeria.com – Keluarga Mahasiswa Jepara Semarang (KMJS) menggelar Desa Mitra Jilid 3 yang berlangsung di area wisata alam Watu Lawang Desa Tanjung Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara, Minggu (3/10/2021). 


Kegiatan yang dikemas dengan Festival Budaya ini dihadiri Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif, Camat Pakis Aji Arif Budiyanto, Petinggi Tanjung Dwi Ganoto, Kapolsek Pakis Aji Budiyanto, dan Pembina KMJS Hendro Martojo. 


Ketua Panitia Mujadid Akbar Ramadha mengatakan hingga tahun 2021 Desa Mitra sudah terlaksana 3 kali. Tahun 2019 terlaksana di Desa Batealit. Dua tahun berikutnya 2020 dan 2021 dilaksanakan di Desa Tanjung. Desa Mitra tahun 2020 dan 2021 masih ada keterkaitan karena dilaksanakan di satu desa. 


Mujadid menambahkan Festival Budaya yang diadakan sebagai puncak acara merupakan bentuk ucapan terima kasih kepada warga. “Acara ini adalah puncak pengabdian KMJS sekaligus ucapan terima kasih karena telah diterima dengan baik di Desa ini,” paparnya. 


M. Gilang Fahmi Mubarrok, Ketua Umum KMJS Pusat mengemukakan desa mitra merupakan bentuk pengabdian masyarakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan KMJS. “Pengabdian dilaksanakan selama 3 bulan dan bertujuan membantu percepatan kemajuan ekonomi desa dengan pemberdayaan potensi dan masyarakat sekitar,” jelasnya.  


Pihaknya mengungkapkan dilaksanakan desa mitra berangkat dari keresahan dan kesadaran KMJS akan tugas pokok dan fungsi sebagai mahasiswa. “Di mana sedulur-sedulur KMJS resah akan sikap individualitas dan antipati terhadap kondisi masyarakat saat ini dan sadar akan kemajuan suatu negara bisa dimulai dan dilihat dari desa,” sambungnya. 


Hal lain disampaikan Ketua DPRD Jepara, Haizul Ma’arif. Disampaikan untuk menggairahkan wisata di desa harus ditunjang sarana dan prasarana yang memadai. Tujuannya tidak lain menarik wisatawan untuk berkunjung di desa Tanjung.  Penting diketahui Desa Tanjung yang bernaung di wilayah Kecamatan Pakis Aji memiliki banyak potensi. Selain Watu Lawang ada juga Jurang Nganten, Bukit Tanjung, Kali Bening, dan lain-lain. 


Untuk mewujudkan hal tersebut anggota dewan yang akrab disapa Gus Haiz berjanji akan mengawal akses pembangunan jalan yang akan direalisasikan pada 2022 mendatang. “Adapun untuk jaringan internet bisa difasilitasi perangkat desa,” imbuhnya.  


Kegiatan Festival Budaya ini dimeriahkan berbagai kegiatan yang merupakan kreativitas masyarakat Tanjung mulai seni tari, seni lukis, tongtek, festival layangan, dan olahan kuliner khas Tanjung. (dk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar