Sukses, Ratusan Peserta Ikuti Try Out Perdana PPSM - Soeara Moeria

Breaking

Senin, 09 Agustus 2021

Sukses, Ratusan Peserta Ikuti Try Out Perdana PPSM

Banner Try Out KSM PPSM tahun 2021. 

Semarang, soearamoeria.com - Perkumpulan Pegiat Sains Madrasah (PPSM) menggelar Try Out I KSM MI Nasional 2021 kali pertama. Meskipun baru perdana menyelenggarakan, antusias peserta sangat tinggi, terbukti tak kurang dari 400-an peserta KSM MI 2021 berpartisapasi dalam Try Out (TO) tersebut.


“Awal mula kami ada rasa kurang yakin atau pesimis untuk mengadakan TO KSM tahun ini. Namun, saya dan tim menyakinkan diri bahwa dengan adanya TO menjelang KSM 2021 akan membantu peserta dengan jumlah berapapun. Apalagi PPSM ini didirikan salah satunya dilatarbelakangi untuk mengangkat potensi Madrasah, potensi SDM di Madrasah, dan membawa KSM setara KSN secara nama dan partisipasinya,” ujar Tafrikan, selaku Ketua PPSM, (9/8/2021).


Tafrikan yang juga selaku Ketua Try Out juga menjelaskan bahwa tujuan diadakan TO ini tak lain untuk membantu persiapan secara materi maupun teknis. Perlu dipahami bersama bahwa, KSM tahun ini dilaksanakan sepenuhnya daring. 


“Karena acara dilakukan secara daring, tentu hal-hal teknis seperti bagaimana cara mengerjakan soal berbasis komputer, terkait jaringan internet, dan sebagainya sangat dibutuhkan pengalaman-pengalaman langsung. Itu semua baru dari sisi teknis, belum sisi subtansi materi yang unik dari KSM,” lanjutnya.


Sejak 2018 lalu, KSM mempunyai ciri khas dari sisi materi, yaitu adanya istilah integrasi. Arti singkat dari integrasi adalah mengabungkan materi murni mata pelajaran dengan materi keislaman. Maka dari itu, pengalaman mengerjakan soal integrasi sebanyak-banyaknya sangat akan membantu persiapan menjelang KSM 2021. 


Acara TO ini akan dilakukan 2 kali, pertama tanggal 8 Agustus dan yang kedua 15 Agustus 2021 nanti. Peserta TO juga akan mendapatkan pembahasan secara daring oleh tim pembuat soal. Ini yang tak kalah pentingnya, yaitu pembahasan soal TO I dan TO II. Fasilitas ini diharapkan menambah semangat peserta untuk optimis dapat mengerjakan soal-soal integrase KSM MI 2021. Bidang Mapel yang diadakan pada TO KSM MI ini ada dua, yaitu Matematika terintegrasi dan IPA terintegrasi. 


Pada TO pertama tanggal 8 Agustus kemarin, tak kurang dari 400-an peserta antusias berpartisipasi. Peserta mengerjakan soal TO dari pukul 13.30-15.00 WIB dengan jumlah soal Matematika ada 30 soal dan 60 soal untuk IPA terintegrasi. Hasil TO pun bisa dilihat langsung oleh setiap peserta, sehingga transparansi terjaga. Untuk TO II akan dilaksanakan tanggal 15 Agustus pukul 08.00-10.00 dan kemudian dilanjutkan pembahasan. Acara TO juga diupayakan mengikuti juknis KSM 2021, dimana penilaiannya benar +4, salah 0, dan tidak menjawab +1.


“Beberapa komentar dari guru pendamping yang kami amati dari grup WA peserta TO sangat beragam, ada yang perlu ke sekolah dengan jarak 50 KM, sehingga harus datang pagi-pagi, ada yang merespon soalnya sangat berbobot dan sesuai kisi-kisi KSM, ada yang bangga melihat nilai siswanya yang diperoleh, inilah yang membuat panitia merasa ada kebanggaan tersendiri, ketika dapat memberi manfaat kepada peserta didik,” papar Habib, panitia TO.


Untuk TO ini peserta terbanyak dari KKMI Kabupaten Semarang, yang mana mengikutkan tak kurang dari 120 peserta untuk bidang matematika dan IPA. “Terima kasih kami ucapkan, kepada ketua KKMI Kabupaten Semarang yang telah mendukung secara institusi kegiatan TO kami. Kami membuka peluang bagi KKMI Kab/Kota lain untuk bekerjasama, tentu ada keuntungan yang diperoleh, salah satunya adalah potongan biaya pendaftaran sebesar 10.000/peserta,” jelas Wayan selaku panitia.


Diberitahukan sebelumnya, bahwa PPSM mengadakan TO untuk jenjang MI/SD dan MTS/SMP KSM 2021. TO merupakan bagian dari usaha meningkatkan persiapan peserta dalam menghadapi secdara teknis dan materi KSM 2021. (sm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar