Pertahankan Prestasi, PPSM dan KKMI Gelar Pembinaan untuk Pembina KSM - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 24 Juli 2021

Pertahankan Prestasi, PPSM dan KKMI Gelar Pembinaan untuk Pembina KSM

 

Slide materi pembinaan untuk pembina KSM MI. 
Semarang, soearamoeria.com - Perkumpulan Pegiat Sains Madrasah (PPSM) bekerjasama dengan Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kabupaten Semarang menggelar pembinaan bagi Pembina Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di Kabupaten Semarang. 


Dalam pembukaan acara, H M Sholichin selaku Kasi Pendidikan Madrasah Kabupaten Semarang menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan tersebut merupakan upaya Kemenag Kabupaten Semarang  dalam menjaga tradisi peraih medali KSM setiap tahun. 


“Semoga kerjasama PPSM dengan KKMI Kabupaten Semarang terus terjalin dan saling menguntungkan, semi menyiapkan SDM lebih baik. Jika madrasah mampu bersaing akan dilirik oleh masyarakat, dan semakin tahun ke tahun, madrasah selalu naik pendaftarnya,” terangnya. 


Hal lain disampaikan Ketua KKMI Kabupaten Semarang, Supriyono. Kesempatan itu pihaknya mendorong agar anggotanya aktif mengikuti acara pembinaan meskipun dilaksanakan secara daring. 


“Selama dua hari full ini kami mohon bapak ibu peserta untuk aktif mengikuti pembinaan, agar hasil yang kita capai maksimal, pada akhirnya siswa-siswa kita yang akan berkompetisi KSM 2021 semakin siap. Harapan besar, dapat menyumbangkan medali dari Kabupaten Semarang untuk Provinsi Jawa Tengah menjadi juara umum,” harap Supriyono. 


Sementara itu Ketua PPSM, Mohamad Tafrikan dalam sambutannya juga berharap antara peserta dengan pemateri saling pro aktif, agar terjadi diskusi yang mendalam saat paparan materi. 


Peserta pembinaan KSM MI mengikuti dengan khidmad. 

Perlu diketahui bahwa pembinaan KSM MI dilaksanakan dua hari Jumat – Sabtu (23-24/7/2021) melalui zoom meeting. Dijelaskan Tafrikan ada dua bidang yang dilaksanakan yaitu peserta bidang Matematika Integrasi dan IPA Integrasi. 


“Kedua bidang ini merupakan bidang yang dilombakan di KSM MI 2021. Tujuan dari kegiatan ini adalah Pembina semakin yakin akan materi yang diberikan ke murid-muridnya untuk persiapan KSM yang pada akhirnya Kabupaten Semarang meraih medali di kancah nasional,” jelasnya. 


Sesuai petunjuk pelaksanaan di tahun 2021, KSM merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. 


Sejak awal digelar tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi dan mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam. 


“Perkembangan ilmu semakin pesat khususnya bidang sains. Integrasi ilmu sains dan ilmu agama juga semakin berkembang, maka tidak hanya siswa yang harus belajar meningkatkan pengetahuan, guru juga harus meningkatkan kompetensi untuk mendidik dan memberikan informasi atau ilmu yang berkembang pada saat ini,” lanjutnya. 


Dosen UIN Walisongo Semarang tersebut juga menambahkan pembinaan dilaksanakan dalam rangka mempertahankan prestasi madrasah Kabupaten Semarang di kancah Nasional. Di akhir paparan pihaknya memohon maaf, apabila dalam pelaksanaan, ada materi yang kurang pas atau kurang lancar. “Tim PPSM mohon banyak saran dan masukan, agar tim PPSM semakin belajar meningkatkan layanannya kepada masyarakat, terkhusus pembinaan KSM kali ini,” pungkasnya. (sm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar